Kebugaran Jasmani: Sesuatu yang Sangat Berharga

  • 1
    Share

Kebugaran jasmani

Kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh dalam menyesuaikan beban fisik yang dilakukan karena melakukan kegiatan sehari-hari. Makin tinggi tingkat kebugaran jasmani maka makin tinggi pula kemampuan fisik yang dimilikinya.

Untuk mencapai tingkat kebugaran yang bagus tentu diperlukan latihan. Ada beberapa macam latihan kebugaran jasmani yang bisa menjaga fisik dan meningkatkan kemampuan tubuh.

Satu fakta yang perlu diketahui, olahraga rutin justru membuat tidak mudah lelah. Hal itu dapat terjadi karena tubuh telah terlatih dengan latihan-latihan yang dilakukan setiap hari.

Jika dilakukan secara rutin, latihan itu dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Tak berhenti di situ, latihan kebugaran juga dapat melatih keseimbangan otot, mempercepat pembakaran kalori, hingga merawat kulit. Berikut adalah bentuk-bentuk latihan kebugaran jasmani.

Kekuatan

Latihan kebugaran yang berfokus pada kekuatan akan melatih tubuh agar kuat menopang atau mengangkat suatu beban. Otot yang kerap dilatih adalah otot tangan, kaki, dan perut. Bentuk-bentuk latihan yang bisa dilakukan antara lain:

  • Push up
  • Sit up
  • Back up
  • Shoulder press
  • Leg squat
  • Back extension
  • Jogging dengan pemberat di kaki
  • Pull up

Kecepatan

Latihan kecepatan berfokus pada kemampuan tubuh bergerak dalam waktu singkat. Jadi, makin singkat waktu yang dibutuhkan untuk bergerak maka semakin bagus pula kemampuan yang dimiliki.

Kecepatan sendiri dapat dibagi menjadi tiga jenis, yakni kecepatan sprint, kecepatan reaksi, dan kecepatan bergerak. Dalam beberapa kesempatan, kecepatan digunakan dalam cabang olahraga seperti sepak bola, lari, dan futsal.

Kemampuan bergerak yang dimiliki seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain keturunan, waktu reaksi, teknik, elastisitas otot, konsentrasi, dan kemauan. Kamu bisa mencoba beberapa latihan dasar untuk melatih kecepatan, antara lain:

  • Lari naik turun tangga atau bukit
  • Lari multistage
  • Latihan percepatan
  • Latihan kecepatan reaksi
  • Lari cepat jarak pendek dengan jarak sekitar 40-60 meter (sprint training)

Keseimbangan

Keseimbangan tubuh adalah kondisi tubuh yang tetap berada pada posisi selaras dengan bidang gravitasi dan tidak terjatuh. Kemampuan ini merupakan salah satu hal yang harus dimiliki setiap orang.

Kamu bisa melatih keseimbangan tubuh dengan menerapkan beberapa latihan seperti sikap lilin, berdiri di balok, maupun hand stand. Lakukan latihan tersebut untuk meningkatkan kemampuan keseimbangan tubuh.

Daya Tahan

Daya tahan adalah kemampuan untuk menggerakkan bagian tubuh dalam jangka waktu tertentu secara efektif dan efisien tanpa menimbulkan rasa lelah maupun sakit. Selain itu, seseorang memerlukan daya tahan tubuh yang tinggi agar dapat menangkal datangnya penyakit dan virus.

Untuk melatih daya tahan tubuh, ada beberapa jenis latihan yang dapat dilakukan, mulai dari jogging secara konsisten dengan durasi waktu kurang lebih tiga puluh menit per hari hingga angkat beban dan senam aerobik.

Latihan daya tahan endurance dapat dibagi menjadi dua macam, yakni muscular endurance dan cardiorespiratory endurance.

Muscular endurance adalah daya tahan otot melakukan tugasnya dalam waktu yang cukup lama. Contoh latihan yang bisa dilakukan adalah weight training atau latihan berbeban, latihan pukulan jab berkali-kali dalam tinju, dan pukulan dalam gulat.

Cordiorespiratory endurance adalah daya tahan seluruh tubuh untuk melakukan suatu hal dalam waktu yang cukup lama. Contoh kegiatan yang membutuhkan kemampuan ini adalah berlari, berenang, dan bersepeda.

Daya tahan kardiovaskular adalah faktor utama dalam kesegaran jasmani. Pengukuran paling objektif dapat dilakukan dengan mengukur kemampuan denyut jantung maksimal (VO2 maksimal). Berikut jenis-jenis gerakan dan latihan yang dapat meningkatkan daya tahan kardiovaskuler:

  • Naik turun tangga
  • Jogging
  • Berjalan
  • Bersepeda
  • Berenang

Kelenturan

Latihan yang satu ini berfokus pada keleluasaan otot-otot dan bagian persendian dalam tubuh. Kelenturan dapat dilatih dapat dilatih dengan berbagai cara, mulai dari gerakan mencium lutut, berenang, yoga, hingga senam.

Bentuk-bentuk latihan kelentukan berfokus pada melakukan peregangan otot dengan cara berikut:

Latihan Kelenturan Sendi Bahu

Cara melakukan gerakan ini cukup rentangkan kedua lengan dan putar kedua lengan ke depan atau belakang dengan siku tetap lurus. Lakukan gerakan ini berulang-ulang sesuai keinginan.

Latihan Kelentukan Otot Pinggang

Cara melakukan gerakan ini cukup berdiri tegak dengan kedua lengan diluruskan ke atas, liukkan badan ke samping dengan interval waktu antara 10 sampai dengan 15 detik. Ulang gerakan ini seperlunya sesuai keinginan.

Latihan Kelenturan Togok

Cara melakukan gerakan ini cukup duduk dengan kedua tungkai dirapatkan, lutut lurus, bungkukkan badan hingga bisa mencium lutut, kedua tangan memegang ujung jari kaki, lalu tahan selama beberapa saat.

Ketepatan

Ketepatan adalah suatu kemampuan tubuh untuk menentukan gerakan yang dilakukan agar dapat mengenai target. Kemampuan ini banyak diperlukan dalam beberapa cabang olahraga, misalnya sepak bola, panahan, dan permainan bola basket.

Untuk melatih kemampuan ini, kamu bisa melakukan beberapa latihan seperti memasukkan bola ke botol yang sudah disusun secara sejajar atau ke dalam keranjang.

Dari penjelasan macam-macam kebugaran jasmani di atas, ada beberapa latihan dasar yang berguna untuk meningkatkan kebugaran jasmani, yakni sit up, push up, squat jump, hingga jogging.


  • 1
    Share