SemutAspal

Pengertian Akuntansi dan Manfaatnya

Pengertian akuntansi
Pengertian akuntansi

Ilmu akuntansi tentu sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Pasalnya, ilmu ini paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tak heran jika pengertian akuntansi akan meluas dan mencakup seluruh kegiatan harian.

Pengertian Akuntansi

Apa itu akuntansi? Pengertian akuntansi adalah suatu proses dalam mengidentifikasi, melaporkan, mengukur berbagai macam informasi ekonomi untuk melakukan penilaian serta pengambilan keputusan yang jelas dan tegas bagi pengguna informasi tersebut.

Banyak juga yang mengatakan jika akuntansi merupakan seni pencatatan, peringkasan, penggolongan yang tepat dan dinyatakan dalam satuan mata uang.

Menurut definisi tersebut, akuntansi dapat diartikan sebagai proses identifikasi, pengukuran, pencatatan, pelaporan informasi ekonomi yang akan sangat bermanfaat bagi penilaian serta pengambilan keputusan oleh pihak-pihak yang membutuhkannya.

Tak heran jika ilmu ini banyak dipelajari karena hampir seluruh sektor kehidupan akan membutuhkannya. Terlebih di masa ketika banyak software akuntansi yang dikembangkan dengan baik, ilmu akuntansi sangat berguna.

Manfaat dalam Kehidupan Sehari-hari

Berbicara ilmu akuntansi tentu tak bisa dilepaskan dari manfaat yang diberikan. Ada beragam manfaat yang bias dirasakan berkat kehadiran ilmu ini. Berikut serangkaian manfaat mempelajari ilmu yang satu ini:

1. Informasi Keuangan

Manfaat pertama yang akan didapatkan adalah akan memberikan informasi keuangan bagi pihak yang membutuhkan. Dengan pencatatan tentu akan memudahkan pengguna dalam melakukan identifikasi serta perhitungan.

Bayangkan saja jika setiap transaksi yang dikeluarkan tidak dicatat maka tidak akan teridentifikasi ke mana keuangan tersebut akan bermuara.

Melalui identifikasi inilah suatu perusahaan akan dapat mengetahui status keuangan tersebut apakah mengalami kerugian atau justru mendapatkan keuntungan.

Hal ini sangat erat kaitannya dengan penggunaan ilmu ini. Tanpa ilmu ini maka tidak akan dapat diperoleh informasi berupa kesimpulan keuangan tersebut.

2. Bahan Evaluasi Keuangan

Manfaat selanjutnya yang akan didapatkan adalah dapat mengetahui apa saja hal yang akan dilakukan di masa depan. Bagaimana tidak, melalui pencatatan akan didapatkan informasi mengenai keuangan terkini dan bagaimana kondisinya.

Melalui hal tersebut maka kamu akan mengetahui apa saja hal-hal yang perlu dilakukan dalam menanggulangi masalah keuangan.

Misalkan jika keuangan berada pada tahap sekarat maka kamu dapat menyusun seribu strategi untuk menyelamatkan keuangan tersebut begitu pula sebaliknya.

3. Bukti Keuangan

Manfaat selanjutnya dari kehadiran ilmu ini adalah dapat dijadikan sebagai bukti yang dapat dipertanggungjawabkan. Masalah keuangan merupakan masalah yang super sensitif jika tidak dicatat dengan baik dan benar.

Melalui pencatatan ini maka semua jenis transaksi akan dapat tertelusur dan dapat dipertanggungjawabkan dengan baik dan benar.

4. Pencatatan Perekonomian

Manfaat lain yang didapatkan adalah dapat membantu dalam melakukan pencatatan ekonomi keluarga. Seperti diketahui dalam rumah tangga masalah keuangan merupakan salah satu bagian yang begitu dibutuhkan serta bermanfaat.

Mengingat ada banyak kebutuhan yang harus dipenuhi dalam rumah tangga dan semua kebutuhan tersebut harus diperhitungkan dengan matang bersama pasangan.

Dapat ditarik kesimpulan bahwa tujuan penggunaan ilmu ini adalah menyediakan informasi berbentuk laporan yang berisikan informasi keuangan, laba/rugi, perubahan posisi keuangan, dan hal lain berdasarkan prinsip-prinsip pencatatannya.

Dengan mengetahui pengertian akuntansi beserta manfaatnya maka kamu dapat mengelola keuangan dalam keluarga atau usahamu. Hal ini akan sangat membantu kondisi perekonomian agar selamat dan terhindar dari kebangkrutan.

Baca juga artikel terkait lainnya di SemutAspal:


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah. Pada tahun 2019, dia menyelesaikan program studi D-3 Manajemen Informatika.
Logo SemutAspal