Semaphore: Sejarah, Ukuran, Fungsi, dan Cara Menghafal

Semaphore

Apa yang dimaksud dengan semaphore? Semaphore adalah salah satu pengkodean yang menggunakan lampu atau bendera untuk menyampaikan informasi tertentu.

Cara mengirim pesan menggunakan semaphore adalah dengan gerakan untuk menampilkan suatu bentuk. Gerakan semaphore tersebut melambangkan kode sebuah huruf maupun angka.

Fungsi semaphore adalah sebagai alat berkomunikasi jarak jauh. Kamu pasti tau juga bahwa penggunaan semaphore kerap diajarkan dalam kegiatan pramuka. Bagi setiap anggota pramuka, gerakan semaphore wajib dihafalkan untuk mengirim sandi.

Sejarah Semaphore

Dilansir dari Ensiklopedia Britannica, semaphore berasal dari bahasa Yunani yang memiliki arti “membawa tanda”.

Siapa penemu semaphore? Penemu semaphore adalah Claude Chappe, seorang insiyur sekaligus pendeta yang lahir pada 25 Desember tahun 1763 di Perancis. Ia merupakan sosok yang berhasil menciptakan visual semaphore telegraf.

Sebelum ditemukannya telegraf, sinyal semaphore dikirimkan melalui menara tinggi agar bisa dilihat oleh titik yang jauh di seberang. Pesan yang dikirim bisa dibaca oleh penampakan teleskopik.

Ignace Chappe, saudaranya yang seorang anggota majelis legislatif selama revolusi Prancis, sangat mendukung ide Claude atas garis sinyal visual antara Paris dan Lille, di dekat front perang.

Dengan dukungan tersebut, akhirnya mereka membangun serangkaian menara di ketinggian antara kedua kota. Setiap menara itu dilengkapi dengan sepasang teleskop, satu mengarah ke kedua arah, dan dengan dua lengan semaphore.

Sistem semaphore yang dirancang dan dikembangkan oleh Chappe di tahun 1794 itu menggunakan seperangkat kayu berukuran raksasa menyerupai lengan yang berputar pada sebuah tiang. Alat tersebut dipasang di menara-menara yang terpisah antara 5-10 mil jauhnya atau 8 hingga 16 km.

Setiap lengan semaphore tersebut dapat membuat 7 posisi sudut berbeda yang terlihat jelas dan memungkinkan 49 kombinasi untuk alfabet dan sejumlah simbol lainnya.

Semaphore juga dimanfaatkan dalam Perang Krimea (1853-1856) antara Rusia melawan aliansi Prancis, Kekaisaran Ottoman, Sardinia, dan Inggris.

Penggunaan semaphore modern berupa lengan bergerak maupun deretan lampu membentuk simulasi lengan yang ditampilkan dari menara digunakan sebagai sinyal kereta api.

Sama seperti sandi morse, sinyal semaphore juga dapat digunakan untuk komunikasi antar kapal di lautan meski cara tersebut perlahan mulai ditinggalkan.

Ukuran Bendera Semaphore

Semaphore tidak menggunakan tangan kosong, kebanyakan menggunakan bendera untuk memperjelas posisi bendera ketika mengirim sandi.

Bentuk bendera semaphore yang berupa persegi merupakan penggabungan dua buah segitiga sama kaki berbeda warna. Warna yang digunakan sebenarnya ada banyak, tapi yang lazim digunakan adalah warna merah dan kuning dengan warna merah selalu berada di dekat tangkai atau ujung bendera bagian atas.

Bendera semaphore umumnya berwarna merah dan kuning. Warna merah dan kuning digunakan karena kedua warna tersebut cerah dan kontras, sehingga dapat dilihat dengan jelas dari jarak jauh. Pada dua ujung bendera terdapat tali untuk diikatkan pada tongkat kayu.

Berapa ukuran bendera semaphore? Sepasang bendera semaphore memiliki ukuran masing-masing 45 cm x 45 cm. Ukuran itu merupakan ukuran standar internasional yang digunakan di seluruh dunia.

Berapakah ukuran tongkat semaphore? Panjang tongkat untuk memasang bendera semaphore adalah 55 cm.

Cara Mudah Belajar Semaphore

Ada macam-macam sandi pramuka, akan menyenangkan bila cepat menghafal ini. Kamu bisa belajar semaphore dengan mudah sedikit demi sedikit di tiap serinya. Terdapat 7 lingkaran semaphore sebagai pengelompokkan.

Untuk awalan, pelajari dan mulai dengan mengenal huruf semaphore pada lingkaran I. Setelah itu pelajari menerima atau mengirim isyarat huruf secara urut maupun acak agar bisa hafal. Setelah itu, kamu bisa lanjut ke lingkaran II dan seterusnya.

Contoh :
Lingkaran I = A, B, C, D, E, F, G.
Kata = ADA – ADC – ABA – GAGAB – BACA – BABE – GADA

Lingkaran II = H, I, K, L, M
Kata = MINI – KAKI – MILIK – IKLIM – KIKIL – HIK – KIKA

Gabungan Lingkaran I & II = AMIN – ALIM – KADAL – HAKI – DALAM – DENGAN

Lingkaran Angka Semaphore

Salah satu cara mudah untuk menghafal kode semaphore yang bisa kamu coba adalah dengan metode jarum jam. Letak tangan ditata dalam lingkaran yang diberi nomor. Perhatikan gambar lingkaran semaphore berikut ini untuk penggambaran lebih jelas:

Sandi semaphore pramuka
Cara mudah menghafal semaphore

Kamu bisa menggunakan semaphore sebagai cara untuk mengirimkan pesan. Semua orang bisa mengirim dan menerima semaphore sebagai alat komunikasi jarak jauh.

Bagikan ke media sosial:

Tutup