SemutAspal

Pengertian Pluralisme dan Bermacam Jenisnya

Pluralisme
Pluralisme

Jelaskan pengertian pluralisme dan contohnya!

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki beragam budaya dan keragaman lainnya. Mulai dari budaya, suku, hingga agama yang begitu beragam. Hal tersebut menjadikannya begitu penting diterapkan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia.

Pluralisme sendiri sangat bermanfaat bagi kerukunan dan kesatuan bangsa. Kerukunan tersebut hanya akan bisa dilaksanakan jika setiap masyarakat memahami makna toleransi. Secara sederhana, pluralisme merupakan sebuah paham yang digunakan untuk menghargai perbedaan di tengah-tengah masyarakat.

Pengertian Pluralisme

Apa itu pluralisme? Pengertian pluralisme secara luas berasal dari dua kata yaitu plural yang memiliki arti beragam dan isme yang berarti paham. Sehingga, pengertian pluralisme adalah suatu keadaan masyarakat yang majemuk dan beragam.

Keberagaman sendiri dapat dibagi ke dalam dua macam yaitu hasil atau keadaan menjadi plural serta keadaan seorang pluralis yang memiliki lebih dari satu keyakinan.

Bentuk

Keberagaman yang ada tentunya tak hanya berupa satu bentuk saja. Namun, keberagaman ini terdiri atas berbagai macam di dalamnya. Berikut merupakan jenis-jenis keberagaman yang harus kamu ketahui:

1. Pluralisme Budaya

Jenis yang pertama adalah budaya. Jenis ini merupakan sebuah kondisi budaya yang begitu majemuk. Istilah ini dapat digunakan untuk menggambarkan kondisi penerimaan budaya alternatif.

Penggunaan istilah ini akan membuat orang dapat hidup secara bersama-sama dengan menerapkan sikap toleransi terhadap budaya orang lain yang memiliki perbedaan. Dengan begitu akan tercipta sifat pluralis dan kerukunan antar masyarakat.

Tanpa adanya toleransi maka akan terjadi konflik yang dapat berpengaruh buruk kepada kehidupan masyarakat. Konflik ini dapat terjadi karena persaingan, primordialisme, egosentrisme dan juga beberapa sifat yang mengagung-agungkan budayanya sendiri.

2. Pluralisme Agama

Bentuk yang selanjutnya adalah agama. Konsep ini memiliki makna yang begitu luas yang berhubungan dengan penerimaan terhadap agama yang berbeda. Keberagaman ini akan mengatakan bahwa semua keyakinan adalah sama.

Melalui konsep ini setiap umat beragama tidak boleh mengklaim keyakinannya adalah yang paling benar serta menganggap keyakinan orang lain salah. Dengan keberagaman agama dalam masyarakat akan membuat hidup lebih indah dan semakin berwarna.

3. Pluralisme Sosial

Keberagaman selanjutnya adalah sosial. Bentuk ini merupakan sebuah paham yang mengajarkan arti menerima keberagaman berupa sikap dan juga rasa saling menghormati dalam interaksi sosial. Bentuk ini dapat diaplikasikan pada pergaulan individu, kelompok, hingga kehidupan berbangsa dan bernegara.

Keberagaman dalam kehidupan sosial akan tercapai jika masyarakat saling hidup berdampingan dan memiliki sikap saling menghargai satu sama lain. Dengan begitu akan tercipta kerukunan antar masyarakat.

4. Pluralisme Ilmu Pengetahuan

Bentuk selanjutnya adalah ilmu pengetahuan. Bentuk ini merupakan bentuk keanekaragaman ilmu yang akan menjadi faktor utama tumbuhnya ilmu pengetahuan. Beberapa teori yang muncul namun belum dapat dibuktikan kebenarannya akan menjadi bentuk kebebasan dalam berpikir ilmiah.

Salah satu tatanan keberagaman pengetahuan adalah ekonomi sosial. Dengan adanya pluralitas ilmu pengetahuan dapat memperlihatkan sebuah hak individu dalam mengambil keputusan yang memiliki kebenaran pada setiap individu.

5. Pluralisme Media

Keberagaman media merupakan salah satu bentuk keragaman teknologi yang bisa membuat manusia dapat berkomunikasi baik melalui jarak dekat atau pun jarak jauh. Dengan begitu media menjadi salah satu sarana penyampaian informasi yang diakui keberadaannya.

Tak hanya itu, saat ini juga terdapat banyak media yang bisa digunakan untuk berpendapat di muka umum. Setelah mempelajari pengertian keberagaman beserta bentuknya maka diharapkan terbentuk tatanan keberagaman dalam interaksi sosial manusia.

Cara ini akan membuat hidup lebih tenang, damai dan rukun antar masyarakat yang memiliki banyak perbedaan.


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah. Pada tahun 2019, dia menyelesaikan program studi D-3 Manajemen Informatika.
Logo SemutAspal