SemutAspal

Profil Negara Uzbekistan [Lengkap]

NamaUzbekistan
Nama resmiRepublik Uzbekistan
Oʻzbekiston Respublikasi (Uzbek)
Ibu kotaTashkent
Semboyan-
Lagu kebangsaanOʻzbekiston Respublikasining Davlat Madhiyasi
Lagu Kebangsaan Negara Republik Uzbekistan
Bentuk PemerintahanRepublik Presidensial
Sistem PemerintahanPresidensial
KemerdekaanDeklarasi: 31 Agustus 1991
Hari Kemerdekaan: 1 September
Diakui: 26 Desember 1991
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifOliy Majlis (Senat + Kamar Legislatif)
Bahasa NasionalUzbek
AgamaIslam, Kristen, dan Yahudi
Mata UangSom Uzbekistan (UZS)
Zona WaktuUZT (UTC+5)
Kode Telepon+998
Domain.uz
Situs Resmi KepresidenanSitus Pemerintah
Jumlah Penduduk30.565.411 (estimasi Juli 2020)

Profil Negara Uzbekistan

Republik Uzbekistan adalah sebuah negara berdaulat di kawasan Asia Tengah yang dulunya merupakan salah satu republik soviet.

Kata Ozbek terbentuk dari oz (“sejati/asli”) dan bek (“pemimpin/bangsawan”) sehingga secara harfiah “Ozbek” berarti “bangsawan” atau “pemimpin sejati”.

Batas-batas wilayah negara Uzbekistan:

Negara di kawasan Asia Tengah ini memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera identitas negara Uzbekistan
Bendera Uzbekistan

Pembagian Administratif

Ibu kota Uzbekistan adalah Tashkent. Negara ini secara administrasi dipecah menjadi dua belas provinsi, satu republik otonom, dan satu kota independen. Nama yang diberikan di bawah ditulis dalam bahasa Uzbek.

12 provinsi, satu republik otonom, dan satu kota independen di negara republik ini.

  1. Andijon Viloyati
  2. Buxoro Viloyati
  3. Farg’ona Viloyati
  4. Jizzax Viloyati
  5. Xorazm Viloyati
  6. Namangan Viloyati
  7. Navoiy Viloyati
  8. Qashqadaryo Viloyati
  9. Qaraqalpaqstan Respublikasi
  10. Samarqand Viloyati
  11. Sirdaryo Viloyati
  12. Surxondaryo Viloyati
  13. Toshkent Viloyati
  14. Toshkent Shahri
Lambang negara Uzbekistan
Lambang negara Uzbekistan

Geografi

Luas wilayah Uzbekistan adalah 447.400 km². Republik ini adalah negara terluas ke-56 dunia. Negara ini juga merupakan negara dengan penduduk terbanyak ke-42.

Di antara pecahan Uni Soviet, negara ini adalah negara terluas ke-5 dan populasi terbanyak ke-3.

Letak astronomis negara Uzbekistan adalah di antara 37°LU hingga 46°LU dan 56°BT hingga 74°BT. Negeri ini membentang sejauh 1.425 km dari barat ke timur dan 930 km dari utara ke selatan.

Secara geografis, negara ini berbatasan dengan Kazakhstan dan Laut Aral di utara dan barat laut, Turkmenistan ada di barat daya, Tajikistan ada di tenggara, dan Kirgizstan di timur laut.

Negara ini adalah satu-satunya negara di Asia Tengah yang berbatasan dengan semua negara Asia Tengah. negara ini juga berbagi perbatasan pendek (kurang dari 150 km) dengan Afghanistan di sebelah selatan.

Negara republik ini adalah negara terkurung daratan yang kering. Tidak ada sungai di negara ini yang mengarah ke laut karena lokasinya yang berada dalam rangkaian cekungan endorheic.

Kurang dari 10% wilayahnya berupa ladang irigasi di lembah sungai dan oasis, sisanya adalah padang pasir luas seperti Kyzyl Kum dan pegunungan.

Titik tertinggi negara ini terletak di puncak Khazret Sultan dengan ketinggian 4643 meter di atas permukaan laut, di bagian selatan dari Range Gissar, Provinsi Surxondaryo, dekat perbatasan Tajikistan.

Iklim di republik ini adalah iklim kontinental dengan sedikit curah hujan setiap tahunnya (100-200 milimeter). Suhu rata-rata pada musim panas sekitar 40°C, sedangkan suhu rata-rata pada musim dingin sekitar -23°C.

Demografi

Negara ini adalah negara terpadat di kawasan Asia Tengah. Menurut sumber resmi, mayoritas di negeri tersebut adalah etnis Uzbek dengan jumlah 80% dari total populasi.

Kelompok etnis lain yang ada di negeri itu antara lain Rusia 2%, Tajik 5%, Kazakh 3%, Karakalpaks 2,5%, dan Tatar 1,5% (perkiraan 1996).

Agama

Islam adalah agama mayoritas yang dianut oleh penduduk Uzbekistan kini. Laporan Pusat Penelitian Pew tahun 2009 menyatakan bahwa penduduk Uzbekistan 93,3% memeluk agama Islam.

Untuk agama yang lainnya, mungkin ada beberapa orang Kristen Ortodoks Rusia dan diperkirakan 93.000 orang Yahudi menetap di negara ini.

Terlepas dari denominasinya, praktik Islam jauh dari monolitik. Banyak versi iman telah dipraktekkan di negeri tersebut.

Konflik tradisi Islam dalam berbagai agenda reformasi atau sekularisasi sepanjang abad ke-20 telah membuat masyarakat di sana meninggalkan berbagai praktik Islam. 54% Muslim adalah non-denominasi umum, 18% adalah Sunni, dan 1% populasi Syiah.


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah. Pada tahun 2019, dia menyelesaikan program studi D-3 Manajemen Informatika.
Logo SemutAspal