Profil & Informasi tentang Negara Kirgizstan [Lengkap]

Profil negara Kirgizstan

Informasi mengenai Kirgizstan.

NamaKirgizstan
Nama resmiRepublik Kirgiz
Кыргыз Республикасы
Kyrgyz Respublikasy (Kirgiz)
Кыргызская Республика
Kyrgyzskaya Respublika (Rusia)
Ibu kotaBishkek
Semboyan-
Lagu kebangsaanКыргыз Республикасынын Мамлекеттик Гимни
Kyrgyz Respublikasının Mamlekettik Gimni
National Anthem of the Kyrgyz Republic
Bentuk PemerintahanRepublik Parlementer
Sistem PemerintahanParlementer
Kemerdekaan31 Agustus 1991
Diakui: 25 December 1991
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifЖогорку Кеңеш
Žogorku Keňesh
Bahasa NasionalKirgiz dan Rusia
AgamaIslam
Katholik
Buddhism
Bahai
Yahudi
Mata UangSom Kirgizstan (лв) (KGS)
Zona WaktuWaktu Kirgizstan (KGT) (UTC+6)
Khusus Distrik Kara-Suu menggunakan zona waktu UTC+5
Kode Telepon+996
Domain.kg
Situs Resmi Kepresidenanhttp://www.gov.kg/

Republik Kirgiz atau yang lebih dikenal sebagai Kirgizstan sebelumnya bernama Kirghizia adalah sebuah negara terkurung daratan dan pegunungan yang terletak di Asia Tengah.

Kirgizstan adalah negara anggota dari Persemakmuran Negara-Negara Merdeka, Uni Ekonomi Eurasia, CSTO, Organisasi Kerja Sama Shanghai, Organisasi Kerjasama Islam, Dewan Turki, komunitas TÜRKSOY, dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Batas-batas wilayah negara Kirgizstan:

Letak Kirgizstan
Letak Kirgizstan

Kirgizstan memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Kirgizstan
Bendera Kirgizstan

Pembagian Administratif

Kirgizstan dibagi kepada 7 oblast. Ibu kota Bishkek dan kota terbesar kedua Osh secara administratif adalah kota independen (shaar) dengan status sama dengan oblast.

Oblast kemudian dibagi lagi kepada raions (distrik) yang dipimpin para pejabat yang dilantik oleh pemerintah pusat. Komunitas luar kota yang berjumlah hingga 20 permukiman kecil mempunyai kekuasaan mandiri dengan wali kota dan dewan kota.

Provinsi di Kyrgyzstan
Region di Kirgizstan

Oblast dan kota independen di Kirgizstan adalah sebagai berikut:

  1. Kota Bishkek,
  2. Kota Osh,
  3. Batken,
  4. Chuy,
  5. Jalal-Abad,
  6. Naryn,
  7. Osh,
  8. Talas,
  9. Issyk Kul.
Lambang negara Kirgizstan
Lambang negara Kirgizstan

Geografi

Kirgizstan adalah negara yang terkurung daratan di kawasan Asia Tengah. Berbagi perbatasan dengan Kazakhstan, Tiongkok, Tajikistan, dan Uzbekistan. Letak astronomis Kirgizstan adalah 39°LU hingga 44°LU dan 69°BT hingga 81°BT. Kirgizstan terletak di rangkaian pegunungan Tian Shan (Kyrgyzstan bisa disebut sebagai “Swiss Asia Tengah”) yang membuatnya memiliki banyak lembah dan cekungan.

Issyk Kul merupakan danau terbesar di Kirgizstan dan danau pegunungan terbesar kedua di dunia setelah Danau Titicaca. Puncak tertinggi negara ini berada di Kakshaal di sekitar perbatasannya dengan Tiongkok. Puncak Jengish Chokusu (7439 m) adalah titik tertinggi dan dianggap oleh ahli geologi sebagai puncak tertinggi di utara karena ketinggiannya yang mencapai lebih dari 7.000 m.

Danau Issyk Kul
Danau Issyk Kul

Karena wilayah Kirgizstan didominasi oleh pegunungan, maksimal hanya 8% tanah negara itu yang bisa dipakai untuk budidaya tanaman, Wilayah itu adalah di dataran rendah utara dan pinggiran Lembah Fergana.

Bishkek di sebelah utara adalah ibukota dan kota terbesar, dengan populasi sekitar 900.000 jiwa pada 2005. Kota kedua terbesar berada di selatan, Kota Osh yang berlokasi di Lembah Fergana dekat perbatasan dengan Uzbekistan. Sungai utama negeri ini adalah Kara Darya yang mengalir ke barat melalui Lembah Fergana menuju Uzbekistan.

Caravanserai jalan sutra digunakan selama Zaman Keemasan Islam.
Caravanserai jalan sutra digunakan selama Zaman Keemasan Islam.

Agama

Islam adalah agama yang paling dominan di Kirgizstan dengan 80% populasi adalah seorang Muslim. 17% populasi Kirgizstan adalah penganut Kristen Ortodoks Rusia dan 3% sisanya beragama lain. Mayoritas Muslim di Kirgizstan adalah Muslim non-denominasi dengan persentase sekitar 64%. Aliran Sunni menyumbang sekitar 23% populasi. Ada juga beberapa pengikut Ahmadiyah, meskipun belum diakui oleh negara.

Pengembara di Kyrgyzstan.
Pengembara di Kyrgyzstan.

Etnolog

Kelompok etnis terbesar bangsa ini adalah suku Kirgiz dengan jumlah 72% populasi (perkiraan 2013). Kelompok etnis lainnya termasuk etnis Rusia (9,0%) di utara dan etnis Uzbek (14,5%) menetap di bagian selatan negara. Ada juga minoritas kecil seperti suku Dungan (1,9%), Uighur (1,1%), Tajik (1,1%), Kazakh (0,7%), dan Ukraina (0,5%), dan etnis minoritas kecil lainnya (1,7%). Negeri ini setidaknya memiliki 80 kelompok etnis yang masih eksis di penjuru negeri.

Di pantai selatan danau Issyk Kul, Wilayah Issyk Kul.
Di pantai selatan danau Issyk Kul, Wilayah Issyk Kul.

Kirgizstan mengalami perubahan komposisi etnis setelah kemerdekaannya sekitar tahun 1991. Populasi etnis Kirgiz meningkat dari sekitar 50% pada tahun 1979 menjadi lebih dari 70% pada tahun 2013, sementara persentase kelompok etnis Eropa (Rusia, Ukraina, dan Jerman) serta Tatar menurun dari 35% menjadi sekitar 10%. Populasi etnis Rusia turun dari 29,2% pada tahun 1970 menjadi 21,5% pada tahun 1989.

  • 1
    Share