Profil & Informasi tentang Negara Kazakhstan [Lengkap]

Profil & Informasi tentang Negara Kazakhstan [Lengkap]

Informasi mengenai Kazakhstan.

NamaKazakhstan
Nama resmiRepublic of Kazakhstan
Қазақстан Республикасы (Kazakh)
Qazaqstan Respýblıkasy
Республика Казахстан (Russian)
Respublika Kazakhstan
Ibu kotaNur-Sultan
Semboyan-
Lagu kebangsaanМенің Қазақстаным
Meniń Qazaqstanym
"Kazakhstanku"
Bentuk PemerintahanRepublik Presidensial
Sistem PemerintahanPresidensial
KemerdekaanRepublik Sosialis Soviet Kazakhstan: 5 Desember 1936
Dideklarasikan: 16 Desember 1991
Disempurnakan: 25 Desember 1991
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifParlemen (Сенат [Senat] + Мәжіліс [Mazhilis])
Bahasa NasionalKazakh dan Rusia
AgamaIslam
Kristen
Kepercayaan lokal
Buddha
Mata UangTenge (₸) (KZT)
Zona Waktuberagam (UTC+5 sampai +6)
Kode Telepon+7-6xx, +7-7xx
Domain.kz dan .қаз
Situs Resmi Kepresidenanhttp://www.government.kz/public/ru
Jumlah Penduduk19.091.949 (estimasi Juli 2020)

Kazakhstan adalah sebuah negara yang berlokasi di kawasan Asia Tengah. Wilayah kedaulatannya terbentang mulai dari Pegunungan Altai di timur hingga Laut Kaspia di barat, menjadikan negara ini sebagai negara terluas ke-9 dunia dan negara pecahan terluas ke-2 Uni Soviet setelah Rusia.

Batas-batas wilayah Kazakhstan:

Letak negara Kazakhstan

Kazakhstan memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Kazakhstan

Pembagian Administratif

Kazakhstan dibagi menjadi empat belas oblystar. Oblystar dibagi menjadi 177 aýdandar. Aýdandar dibagi lagi menjadi distrik pedesaan di tingkat administrasi terendah yang mencakup semua pedesaan tanpa pemerintah kota.

Kota Almaty dan Nur-Sultan (pada 1998-2019 bernama Astana) berstatus “oblystar penting” dan bukan bagian dari oblystar manapun. Kota Baikonur memiliki status khusus karena disewakan hingga tahun 2050 ke Rusia untuk kosmodrom Baikonur. Pada Juni 2018, Kota Shymkent ditetapkan menjadi “kota penting republik”.

Setiap region dipimpin oleh seorang akim (gubernur regional) yang ditunjuk oleh presiden. Pemerintah Kazakhstan memindahkan ibu kota dari Almaty, yang didirikan ketika masa Uni Soviet, ke Astana (kini Nur-Sultan) pada 10 Desember 1997.

Pembagian wilayah administratif Kazakhstan

Kazakhstan dibagi menjadi 14 region:

  1. Akmola,
  2. Aktobe,
  3. Almaty,
  4. Atyrau,
  5. Kazakhstan Timur,
  6. Karagandy,
  7. Kostanay,
  8. Kyzylorda,
  9. Mangystau,
  10. Kazakhstan Utara,
  11. Pavlodar,
  12. Turkistan,
  13. Kazakhstan Barat,
  14. Zhambyl.
Lambang negara Kazakhstan

Geografi

Kazakhstan berbagi perbatasan dengan Rusia sepanjang 6.846 kilometer, 2.203 kilometer dengan Uzbekistan, 1.533 kilometer dengan Tiongkok, 1.051 kilometer dengan Kirgizstan, dan 379 kilometer dengan Turkmenistan. Kota-kota besar di negeri ini antara lain Astana, Almaty, Karagandy, Shymkent, Atyrau, dan Oskemen.

Kazakhstan terletak di antara 40°LU hingga 56°LU dan 46°BT hingga 88°BT. Meskipun terletak di Asia, sebagian kecil wilayah Kazakhstan ada yang terletak di sebelah barat Pegunungan Ural, yang berarti bahwa sebagian kecil negara tersebut berada di daratan Eropa Timur.

Region Karagandy
Region Karagandy

Agama

Islam adalah agama mayoritas di Kazakhstan dan diikuti oleh Kristen Ortodoks. Setelah dekade penindasan beragama oleh Uni Soviet berlalu, negeri itu dapat menyaksikan gelombang ekspresi identitas etnis yang sebagian muncul melalui agama.

Praktik pembebasan urusan beragama menyebabkan peningkatan aktivitas keagamaan. Ratusan masjid, gereja, dan bangunan keagamaan lainnya dibangun dalam waktu beberapa tahun, dengan jumlah asosiasi keagamaan meningkat dari 670 pada tahun 1990 menjadi 4.170 hari ini.

Daerah Pegunungan Tian Shan di Kazakhstan tenggara
Daerah Pegunungan Tian Shan di Kazakhstan tenggara

Etnis dan Bahasa

Etnis Kazakh menjadi etnis mayoritas di Kazakhstan dengan presentase sebesar 53% populasi dan diikuti oleh etnis Rusia 30%. Etnis Kazakh lebih terkonsentrasi di daerah pedesaan, sedangkan etnis Rusia kebalikannya yakni di daerah perkotaan. Etnis lain yang menetap di negeri tersebut adalah Ukraina, Uzbek, Jerman, Uygur, Chechen, Tatar, dan Korea.

Bahasa resmi yang ditetapkan pemerintah Kazakhstan adalah bahasa Kazakh yang merupakan cabang dari bahasa Turki. Meski demikian, bahasa yang dipergunakan sehari-hari adalah bahasa Rusia. Selain karena sebagai salah satu pecahan Soviet, kebanyakan orang di Kazakhstan lebih menguasai bahasa Rusia ketimbang bahasa Kazakh. Bahasa Rusia sendiri masih diperkenankan sebagai bahasa pengantar pendidikan.