Profil & Informasi tentang Negara Mongolia [Lengkap]

  • 2
    Shares

Profil biodata negara Mongolia

Profil negara Mongolia.

NamaMongolia
Nama resmiMongolia
Монгол Улс
Mongol Uls (Mongol)
Ibu kotaUlan Bator
Semboyan-
Lagu kebangsaanМонгол улсын төрийн дуулал
Mongol ulsyn törijn duulal
Bentuk PemerintahanRepublik parlementer
Sistem PemerintahanParlementer
KemerdekaanKemerdekaan diumumkan dari Dinasti Qing: 29 Desember 1911
Republik Rakyat Mongolia didirikan: 26 November 1924
Konstitusi saat ini: 13 Februari 1992
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifУлсын Их Хурал
Ulsyn Ikh Hural
Bahasa NasionalMongol
AgamaBuddha
Islam
Shamanisme
Kristen
Mata UangTugrik (₮) (MNT)
Zona Waktuberagam (UTC+7 sampai +8)
Musim panas (DST): beragam (UTC+8 sampai +9)
Kode Telepon+976
Domain.mn dan .мон
Situs Resmihttps://zasag.mn/
Jumlah Penduduk3.168.026 (estimasi Juli 2020)

Mongolia adalah sebuah negara yang terkurung daratan di kawasan Asia Timur. Mayoritas populasi Mongolia adalah etnis Mongol yang menganut agama Buddha Tibet dengan gaya hidup nomaden. Sebagian besar wilayah kedaulatan Mongolia itu gersang.

Mongolia juga dikenal sebagai “Tanah Langit Biru Abadi”. Luas wilayah negara Mongolia adalah 1,566 juta km² menjadikannya sebagai negara terluas ke-18 di dunia. Di belakang Kazakhstan, Mongolia adalah negara terkurung daratan terluas kedua di dunia.

Batas-batas wilayah negara Mongolia:

  • Utara: Rusia,
  • Selatan: Tiongkok,
  • Barat: Tiongkok dan Rusia,
  • Timur: Rusia dan Tiongkok.
Letak negara Mongolia
Letak Mongolia

Mongolia memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera identitas negara Mongolia, biodata
Bendera Mongolia

Pembagian Administratif

Mongolia terdiri dari 21 provinsi (aimags) dan di bawah provinsi-provinsi tersebut terdapat 329 kabupaten (sums). Ibu kota Ulaanbaatar diatur secara terpisah sebagai ibu kota (kotamadya) dengan status provinsi. Aimags itu antara lain:

  1. Arkhangai,
  2. Bayan-Ölgii,
  3. Bayankhongor,
  4. Bulgan,
  5. Darkhan-Uul,
  6. Dornod,
  7. Dornogovi,
  8. Dundgovi,
  9. Govi-Altai,
  10. Govisümber,
  11. Khentii,
  1. Khovd,
  2. Khövsgöl,
  3. Ömnögovi,
  4. Orkhon,
  5. Övörkhangai,
  6. Selenge,
  7. Sükhbaatar,
  8. Töv,
  9. Uvs,
  10. Zavkhan.

Karena letaknya yang tinggi, garis lintangnya yang relatif tinggi, lokasinya yang jauh dari pantai, dan efek dari antisiklon Siberia, Ulaanbaatar adalah ibu kota negara terdingin di dunia dengan pengaruh musim hujan semi iklim dingin yang kering.

Kota tersebut didirikan pada 1639 sebagai pusat biara Buddha nomaden. Itu menetap secara permanen di lokasinya sekarang, tepatnya di persimpangan Sungai Tuul dan Selbe, pada tahun 1778. Sebelumnya, itu berpindah lokasi 28 kali, setiap lokasi baru dipilih secara seremonial.

Peta pembagian wilayah administratif Mongolia
Peta aimags di Mongolia

Geografi

Dengan luas 1.564.116 km², Mongolia adalah negara terluas ke-18 (setelah Iran). Secara signifikan lebih luas dari negara terluas berikutnya, Peru. Letak astronomis negara Mongolia adalah di antara 4°LU hingga 52°LU (ada daerah kecil di utara 52°LU) dan 87°BT hingga 120° BT.

Sebagai titik acuan, wilayah paling utara Mongolia kira-kira segaris dengan Berlin (Jerman) dan Amsterdam (Belanda), sementara bagian paling selatan kira-kira segaris dengan Roma (Italia) dan Chicago (Amerika Serikat). Mongolia terletak di Benua Asia.

Bagian barat Mongolia segaris dengan Kolkata (India), sedangkan bagian paling timur segaris dengan Qinhuangdao dan Hangzhou (Tiongkok), serta tepi barat Taiwan.

Meskipun Mongolia tidak memiliki perbatasan langsung dengan Kazakhstan, titik paling baratnya hanya berjarak 36,76 kilometer dari Kazakhstan. Taman Nasional Bogd Khan Uul di Mongolia (1783) adalah taman nasional tertua di dunia.

Dengan ketinggian rata-rata 1580 meter, Mongolia adalah satu negara tertinggi di dunia. Titik tertinggi Mongolia adalah Puncak Khuiten (4.374 meter) di sepanjang perbatasan barat dengan China. Titik terendah Mongolia adalah Danau Hoh Nuur (560 meter di atas permukaan laut).

Gurun terbesar kelima di dunia yakni Gurun Gobi berada di Mongolia. Pada masa lalu, Gobi adalah laut dan sekarang menjadi situs fosil laut. Hampir 75% lahan Mongolia adalah padang rumput, yang mendukung kehidupan penggembalaan ternak.

Mongolia memiliki tiga pegunungan yakni Pegunungan Khangai, Pegunungan Khentii, dan Pegunungan Altai Mongolia.

Lambang negara Mongolia
Lambang negara Mongolia

Demografi

Total populasi Mongolia per Januari 2015 diperkirakan oleh Biro Sensus AS adalah 3.000.251 jiwa, sekitar peringkat 121 dunia. Sedangkan PBB memperkirakan total populasi Mongolia (pertengahan 2007) sebanyak 2.629.000 jiwa (11% lebih kecil dari angka Biro Sensus AS).

Perkiraan PBB mirip dengan data Kantor Statistik Nasional Mongolia (2.612.900 pada akhir Juni 2007). Tingkat pertumbuhan penduduk Mongolia sekitar 1,2% per tahun pada 2007. Sekitar 59% populasi Mongolia berusia di bawah 30 tahun, 27% di antaranya berusia di bawah 14 tahun.

Pegunungan Khentii di Terelj
Pegunungan Khentii di Terelj

Bahasa

Bahasa resmi Mongolia adalah bahasa Mongol yang dituturkan oleh 95% populasi. Di bagian barat negara itu, bahasa Kazakh dan Tuvan sering digunakan. Bahasa Isyarat Mongolia adalah bahasa resmi komunitas tuna rungu Mongolia.

Hari ini, bahasa Mongolia ditulis menggunakan alfabet Cyrillic Mongolia, meskipun di masa lalu ditulis menggunakan skrip Mongolia. Bahasa Rusia adalah bahasa asing yang paling sering dipertuturkan di Mongolia, diikuti oleh bahasa Inggris.

Agama

Menurut Sensus Nasional 2010 pada orang Mongolia berusia 15 tahun ke atas, mayoritas agama di Mongolia adalah Buddha (53% populasi) dan 39% ateis. Orang Kazakh di bagian barat, beberapa orang Mongol, dan etnis Turki di negara itu secara tradisional menganut agama Islam.

Shamanisme Mongolia telah dipraktekkan secara luas sepanjang sejarah negara itu. Orang asli Mongolia secara bertahap membuka jalan kepada Buddha Tibet, tetapi Shamanisme telah mengakar pada budaya agama Mongolia, dan itu terus dipraktekkan.

Puri dibangun di Mongolia utara oleh Tsogt Taij.
Puri dibangun di Mongolia utara oleh Tsogt Taij.

Fakta Menarik

  • Mongolia terkenal dengan gaya hidup dan tradisi nomadennya.
  • Airag adalah minuman tradisional khas Mongolia. Minum nasional ini terbuat dari susu fermentasi mare.
  • Bernyanyi sambil menunggang kuda cukup populer di negara ini. Penunggang kuda menggunakan teknik “Singing Khoomi”. Penyanyi menggunakan tenggorokan dan hidungnya untuk menghasilkan dua suara berbeda secara bersamaan.
  • Ger” atau “Yurt” merupakan rumah tradisional bangsa Mongolia. Ger juga disebut White Pearl of Steppe. Pintu Ger selalu menghadap ke selatan karena sebagian besar angin bertiup dari utara dan barat laut.
  • Gulat Mongolia, juga dikenal sebagai Bokh, adalah gaya gulat rakyat Mongolia. Olahraga ini juga merupakan bagian dari perayaan kemerdekaan nasional Naadam.

  • 2
    Shares
Subscribe
Notify of
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar