Profil & Informasi tentang Negara San Marino [Lengkap]

Informasi mengenai San Marino.

NamaSan Marino
Nama resmiRepublik San Marino
Repubblica di San Marino (Italia)
Ibu kotaKota San Marino
Semboyan"Libertas"
(Latin: "Kebebasan")
Lagu kebangsaanInno Nazionale della Repubblica
Bentuk PemerintahanUnitary parliamentary directorial republic
Sistem PemerintahanParlementer
Kemerdekaan3 September 301
Konstitusi: 8 October 1600
Kepala NegaraKapten bupati
Kepala PemerintahanKapten bupati
Badan LegislatifParlemen San Marino
Bahasa NasionalItalia
AgamaKatolik Roma
Kristen
Yahudi
Mata UangEuro (€) (EUR)
Zona WaktuWaktu Eropa Tengah (CET) (UTC+1)
Musim panas (DST): Waktu Musim Panas Eropa Tengah (CEST) (UTC+2)
Kode Telepon+378
Domain.sm
Situs Resmihttp://www.esteri.sm/on-line/home.html

Republik San Marino adalah negara berdaulat terkecil kelima dunia dan dikelilingi oleh Italia tepatnya berbatasan dengan Rimini di utara serta Pesaro dan Urbino di selatan.

San Marino adalah negara republik konstitusional tertua yang telah berdiri sejak 3 September 301 oleh Santo Marinus dari Rab, seorang tukang batu Kristiani yang kabur pada saat penganiayaan agama oleh Kaisar Romawi, Diokletianus. Konstitusi San Marino yang diberlakukan mulai tahun 1600 adalah konstitusi tertua yang masih berlaku sekarang ini.

Batas-batas wilayah negara San Marino:

  • Utara: Italia,
  • Selatan: Italia,
  • Barat: Italia,
  • Timur: Italia.
Letak negara San Marino
Letak San Marino

San Marino memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara San Marino
Bendera San Marino

San Marino dibagi menjadi sembilan kota berikut, yang dikenal secara lokal sebagai castelli (artinya “kastil”):

  1. San Marino (secara resmi Città di San Marino) adalah ibu kota,
  2. Acquaviva,
  3. Borgo Maggiore,
  4. Chiesanuova,
  5. Domagnano,
  6. Faetano,
  7. Fiorentino,
  8. Montegiardino,
  9. Serravalle.

Pemukiman terbesar San Marino terletak di Dogana, Serravalle.

Pembagian wilayah administratif San Marino
Castello di San Marino

Dalam cara yang mirip dengan komune Italia, masing-masing castello termasuk capoluogo dan beberapa daerah yang lebih kecil dikenal sebagai frazioni.

Republik ini terdiri dari 43 paroki yang disebut curacy yang antara lain tertulis di bawah.

Cà Berlone, Cà Chiavello, Cà Giannino, Cà Melone, Cà Ragni, Cà Rigo, Calligaria, Cailungo, Caladino, Canepa, Capanne, Casole, Castellaro, Cerbaiola, Cinque Vie, Confine, Corianino, Crociale, Dogana, Falciano, Fiorina, Galavotto, Gualdicciolo, La Serra, Lesignano, Molarini, Montalbo, Monte Pulito, Murata, Pianacci, Piandivello, Poggio Chiesanuova, Poggio Casalino, Ponte Mellini, Rovereta, San Giovanni sotto le Penne, Santa Mustiola, Spaccio Giannoni, Teglio, Torraccia, Valdragone, Valgiurata, dan Ventoso.

Lambang negara San Marino
Lambang negara San Marino

San Marino adalah enklave yang dikelilingi oleh Italia, di perbatasan Emilia Romagna dan Marche dan sekitar 10 km dari Pantai Adriatik di Rimini. Topografinya yang berbukit adalah bagian dari Pegunungan Apennine.

Titik tertinggi di San Marino adalah Monte Titano dengan ketinggian 749 meter. San Marino adalah negara terkecil ketiga di Eropa di belakang Negara Kota Vatikan dan Monako. San Marino juga merupakan negara terkecil kelima di dunia.

Jalur kereta gantung ke Monte Titano
Jalur kereta gantung ke Monte Titano

San Marino memiliki populasi sekitar 33.000 jiwa dengan 4.800 warga asing yang didominasi warga negara Italia. 12.000 orang Sammarinese tinggal di luar negeri (5.700 di Italia, 3.000 di AS, 1.900 di Prancis, dan 1.600 di Argentina).

Bahasa utama yang digunakan di San Marino adalah bahasa Italia, bahasa Romagnol juga banyak digunakan. San Marino memiliki angka harapan hidup terpanjang di dunia.

Katedral San Marino
Katedral San Marino

San Marino adalah negara yang didominasi Katolik Roma dengan 97% populasi adalah jemaat Gereja Katolik Roma. Secara historis, berbagai paroki di San Marino terbagi antara dua keuskupan Italia yakni Keuskupan Montefeltro dan Keuskupan Rimini. Pada tahun 1977, perbatasan antara Montefeltro dan Rimini ditentukan kembali sehingga San Marino masuk Keuskupan Montefeltro. Uskup Montefeltro tinggal di Pennabilli, Pesaro e Urbino, Italia.

Yahudi di San Marino setidaknya sudah 600 tahun. Penyebutan pertama orang Yahudi di San Marino berasal dari sebuah dokumen transaksi bisnis resmi orang Yahudi pada akhir abad ke-14. Ada banyak dokumen sepanjang abad ke-15 hingga abad ke-17 yang menyebutkan transaksi orang Yahudi. Orang Yahudi mendapat perlindungan dari pemerintah.

Selama Perang Dunia II, San Marino menyediakan surga bagi lebih dari 100.000 orang Italia dan Yahudi dari penganiayaan Nazi. Hari ini, hanya beberapa orang Yahudi yang tetap tinggal di San Marino.

Spread the love