SemutAspal

Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Kerja atau Sekolah

Contoh surat izin sakit sekolah
Contoh surat izin sakit sekolah

Tak selamanya kita akan sehat. Ada kalanya kita akan mengalami suatu penyakit yang membuat kita tak mampu melakukan hal-hal yang biasa kita lakukan dengan mudah, seperti belajar dan bekerja.

Namun, karena kita berhubungan dengan orang lain, kita tidak bisa seenaknya menghilang. Kita perlu memberi kabar bahwa kita tidak bisa hadir dalam kegiatan yang seharusnya diikuti. Kita memerlukan sebuah surat izin untuk disampaikan pada pihak lain tersebut.

Surat izin merupakan surat yang dibuat dengan tujuan meminta izin pada sekolah, universitas, atau tempat kerja untuk melakukan suatu hal karena suatu alasan. Misalnya tidak masuk sekolah karena sakit demam atau pergi ke suatu tempat.

Selain untuk menerangkan alasan ketidakhadiran, surat izin juga dipakai untuk melaksanakan suatu kegiatan yang biasanya tidak dilakukan. Misal surat izin pemakaian tempat untuk latihan PBB.

Diperlukan kejujuran dalam membuat sebuah surat izin secara mandiri. Selain itu, kita diharuskan untuk mampu bertanggung jawab atas semua yang ditulis agar tidak mendapat masalah di kemudian hari.

Surat izin dapat ditulis tangan maupun dalam bentuk cetakan komputer. Penulisan surat izin tulis tangan diperbolehkan oleh lembaga pendidikan seperti sekolah dan universitas. Untuk perusahan atau instansi formal mengharuskan surat izin diketik karena alasan profesionalitas.

Cara Membuat Surat Izin Sakit

Sebelum melihat contoh surat izin sakit di bawah, ada baiknya kamu juga melihat cara penulisan surat izin. Surat semacam ini adalah sebuah surat pribadi atau surat tidak resmi yang bisa dibuat oleh semua orang, baik menggunakan tulisan tangan maupun diketik.

Meski begitu, tak sedikit orang menyepelekan cara menulis surat izin ini. Padahal ini juga berpengaruh terhadap cara orang memandang si pembuat surat. Bikin surat izin sakit harus memenuhi struktur:

  1. Tempat serta tanggal pembuatan surat
  2. Tuliskan nama atau jabatan penerima
  3. Salam pembuka, umumnya menggunakan “Dengan hormat”
  4. Pembuka, berisikan pembukaan atau sapaan kepada penerima
  5. Isi surat, jelaskan alasan pasti dibuatnya surat minta izin tersebut
  6. Penutup, berisikan permohonan maaf dan ucapan terimakasih
  7. Tanda tangan pengirim

Begitulah format dasar surat izin yang bisa kamu pakai. Nah, berikut disertakan beberapa contoh teks dalam surat izin sakit yang benar.

Contoh Surat Izin Sakit

Cara membuat surat sakit sekolah
Cara membuat surat sakit sekolah

Surat Izin Sakit untuk Sekolah

Surat izin dengan alasan sakit bisa dibuat sendiri oleh siswa jika memungkinkan. Yang terpenting, diperlukan juga tanda tangan wali atau orang tua untuk menunjukkan keseriusan surat tersebut.

Cara membuat surat izin sekolah sendiri tidaklah terlalu sulit. Berikut adalah salah satu surat izin sekolah karena sakit.

Karanganyar, 20 Juli 2020

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI IPS 4
SMA Negeri 5 Surakarta

Dengan hormat,
Melalui surat ini, kami memberitahukan bahwa,

Nama : Yulius Reno Pratama
No. Absen : 27
Kelas : XI IPS 4
Alamat : Gg. Mawar 9 No. 5, Gondangrejo, Karanganyar

Saat ini tidak bisa bergabung dalam kegiatan belajar mengajar seperti biasanya dikarenakan sakit yang sedang dialaminya. Oleh karenanya, kami memohon kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI IPS 4 untuk memberikan izin hingga anak kami sembuh.

Demikian yang bisa kami bagikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami haturkan terima kasih sebesar-besarnya.

Hormat kami,
Orang tua/wali murid

Nino Sebastian

Perusahaan

Perusahaan memiliki aturannya sendiri terkait pengajuan izin sakit, urusan keluarga, maupun cuti kerja. Ada yang harus disertai dengan surat keterangan dokter, ada juga yang tidak (asal tidak lebih dari sehari). Untuk surat izin kerja karena alasan sakit, berikut ini adalah contohnya.

Jepara, 16 September 2020

Perihal: Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

Yang terhormat,
Divisi PSDM
PT. Kentang Manis Bersama
Jalan Gersang No 89, Kembang, Jepara

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Ahmad Arul Purnomo
Alamat : Jl. Kemusuk, Kembang, Jepara
Jabatan : Staff IT/Programmer

Saya ingin meminta izin untuk tidak masuk pada tanggal 16 September 2020 karena sedang sakit. Saya berharap Anda bisa memberikan izin untuk tidak masuk kerja pada hari tersebut karena kondisi kesehatan saya yang tidak memungkinkan untuk bertugas.

Jika besok saya masih dalam keadaan kurang sehat, saya berencana untuk melampirkan hasil pemeriksaan medis atau surat keterangan sakit dari dokter. Nantinya, saat saya kembali masuk, informasi tersebut akan saya sampaikan.

Saya ingin mengucapkan terima kasih atas perhatian dan pertimbangan terhadap permohonan izin tidak hadir bekerja yang telah saya ajukan.

Hormat saya,

Ahmad Arul Purnomo

Itulah pembahasan lengkap mengenai cara bikin surat sakit sekolah dan contoh surat izin sakit yang bisa kamu pakai.


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah lulusan D-3 Manajemen Informatika. Memiliki pengalaman dan kecintaan di bidang geopolitik, keuangan, pemrograman, digital marketing, dan sosial.
Logo SemutAspal