SemutAspal

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 SD Singkat Terbaru

Contoh pidato perpisahan kelas 6 SD
Contoh pidato perpisahan kelas 6 SD

Pidato perpisahan kelas 6 menjadi hal yang akan dilakukan ketika akhir masa sekolah dasar. Berikut adalah kumpulan pidato perpisahan kelas 6 singkat yang bisa digunakan untuk memberi ucapan pada guru, teman-teman, dan juga adik kelas.

Poin penting yang akan dibahas adalah ucapan terima kasih yang mendalam karena telah membantu proses pendidikan sehingga dapat mencapai kelulusan.

Pidato perpisahan biasanya digaungkan oleh seorang siswa kelas 6 sebagai wakil dari teman seangkatan. Agar lebih terarah dalam membuat pidato, baca artikel ini lebih lanjut.

Isi Utama dalam Berpidato

Ketika membuat pidato perpisahan kelas 6, kamu harus memasukkan isi utama dalam teks pidato perpisahan kelas enam yang meliputi:

  1. Salam pembuka
  2. Ungkapan terima kasih
  3. Ungkapan kebahagiaan
  4. Tujuan berikutnya
  5. Petunjuk dan saran yang diberikan kepada adik kelas
  6. Kata perpisahan

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6

Di bawah adalah contoh pidato perpisahan kelas 6 SD singkat dalam bahasa Indonesia yang bisa digunakan sebagai panduan mempersiapkan naskah. Kamu bisa menggunakan teks pidato singkat ini setelah retreat sekolah atau menambahkan kata-kata jika masih kurang.

Untuk versi bahasa Jawa, kunjungi contoh pidato perpisahan bahasa Jawa.

1. Pidato Perpisahan Kelas 6 Singkat dan Mudah Dihafal

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam sejahtera.

Dengan rasa syukur, kami mengucapkan terima kasih pada Tuhan Yang Maha Esa atas segala berkat-Nya dalam hidup kita. Hari ini, kami bersama dan berkumpul di sekolah yang dicintai ini untuk merayakan momen perpisahan yang berkesan.

Sejujurnya, saat ini adalah momen yang sulit bagi kami, para siswa kelas 6. Perpisahan ini membawa perasaan sedih karena setelah ini kami harus meninggalkan guru-guru, teman-teman, serta adik-adik kelas yang telah menjadi bagian penting dalam hidup kami selama beberapa tahun. Namun, saatnya tiba untuk berpisah.

Kepada semua hadirin, terutama kepada para guru yang terhormat, kami ingin mengungkapkan rasa terima kasih yang tulus karena telah memberi kami pendidikan yang berharga dan membimbing kami menuju tahap berikutnya dalam kehidupan.

Pengajaran yang telah diberikan oleh guru-guru akan selalu kami kenang sepanjang hidup. Kami juga ingin memohon maaf kepada semua guru atas kesalahan-kesalahan kami.

Kami sadar bahwa kadang-kadang tingkah laku kami selama di sekolah mungkin telah mengganggu. Mewakili teman-teman sekelas, izinkan kami mengungkapkan permohonan maaf kami sekali lagi atas hal ini.

Kepada adik-adik kelas, kami ingin memberikan pesan agar belajar dengan rajin dan tekun. Dengarkanlah dengan baik apa yang diajarkan oleh guru-guru, dan hormatilah mereka dengan sepenuh hati.

Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

2. Pidato Perpisahan untuk Guru yang Menyentuh Hati

Berikut adalah contoh pidato perpisahan kelas 6 pendek yang dapat menjadi referensi untuk guru yang telah memberikan pengaruh mendalam pada hatimu.

3. Pidato Perpisahan Kelas 6 untuk MI dan SD

Ini adalah satu contoh pidato perpisahan kelas 6 SD yang bisa kamu gunakan sebagai referensi.

4. Teks Pidato Kelas 6 Pendek

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Kepala Sekolah yang terhormat, para ibu dan bapak guru yang terkasih, teman, serta adik kelas yang saya banggakan.

Pertama-tama, kami ingin mengungkapkan rasa terima kasih pada Tuhan atas kehadiran-Nya dan semua berkah yang diberikan kepada kami hari ini, yang memungkinkan kami berkumpul di sekolah yang kami cintai ini.

Hadirin yang terhormat, saya di sini mewakili teman-teman dari kelas 6 untuk berbicara sebentar. Sebagai siswa kelas enam, kami sangat berterima kasih dan menghargai semua guru yang telah dengan penuh dedikasi mengajar di sekolah ini.

Guru-guru kami sangat istimewa; mereka tidak pernah memilih-milih dalam memberikan pendidikan, dan mereka telah bersabar mengajar kami dengan penuh kasih sayang. Berkat dedikasi mereka, kami berhasil menyelesaikan jenjang sekolah dasar dengan sukses.

Kami berharap seluruh guru di sekolah ini senantiasa diberkati dengan kesehatan dan kebahagiaan yang berlimpah.

Ini adalah waktu yang penuh perasaan karena kami harus mengucapkan selamat tinggal kepada sekolah yang telah menjadi tempat pembelajaran kami selama 6 tahun. Kami juga berharap dengan tulus agar semua teman kami dapat sukses melanjutkan pendidikan mereka ke tingkat yang lebih tinggi.

Akhir kata, kami selalu berharap agar kita semua sukses dan bisa berguna bagi masyarakat, bangsa, dan negara di kemudian. Mohon maaf bila terdapat salah kata kata dalam penyampaian saya.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

5. Pidato Perpisahan yang Panjang dan Mengharukan

Bismillahirrahmanirrahim, Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yang terhormat bapak kepala sekolah
Yang terhormat dewan guru
Serta yang terhormat para undangan
Semua teman serta adik kelas

Saya ingin memulai dengan mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT atas berbagai berkah-Nya yang telah mengumpulkan kita di sini. Selain itu, saya juga mengirimkan salam dan doa kepada Nabi Muhammad SAW, yang merupakan teladan bagi kita semua.

Ibu bapak yang terhormat dewan guru serta teman-teman, saya kali ini mewakili semua murid kelas 6 untuk mengungkapkan pesan perpisahan serta memohon doa restu.

Ibu dan bapak guru yang kami hormati,

Pertama, kami ingin mengungkapkan rasa terima kasih yang mendalam kepada guru-guru yang berkenan mengajar serta membimbing kami selama kami belajar di sekolah ini.

Kami merasa terhutang budi kepada para guru yang telah berdedikasi selama 6 tahun ini. Kendati begitu, satu-satunya yang dapat kami tawarkan adalah doa agar Allah SWT memberkati upaya keras ibu dan bapak guru.

Ibu dan bapak guru yang kami cintai,

Selanjutnya, kami, bersama teman-teman, ingin mengungkapkan permohonan maaf yang tulus karena seringkali kami tidak berperilaku dengan baik di depan ibu dan bapak guru.

Kami berharap agar ibu dan bapak guru berkenan untuk mengampuni kesalahan kami. Terakhir, kami di sini memohon restu doa dari ibu dan bapak guru serta semua yang berkenan hadir dalam acara ini dalam kami berjalan meraih cita-cita kami dalam mencapai sekolah menengah terbaik.

Kami mengucapkan terima kasih atas kesempatan ini, dan mohon maaf jika terdapat kata-kata yang kurang tepat di hati ibu dan bapak guru serta hadirin yang berkenan hadir dengan sukacita.

Wabillahi taufiq wal hidayah, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

6. Pidato Perpisahan SD Kelas 6 Ujian Praktek

Selamat siang.

Yang saya hormati,
Ibu Kepala Sekolah SDN Delik.
Ibu/bapak guru, wali murid, teman, serta adik kelas.

Marilah kita bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa sebab kita bisa berkumpul dalam keadaan sehat di sini.

Saya, sebagai perwakilan dari murid-murid kelas 6 di SD Delik, ingin mengungkapkan terima kasih pada guru-guru kami yang selalu gigih dalam mengajar serta membimbing kami selama ini. Kami sangat menghargai setiap ilmu yang telah diberikan.

Kepada guru-guru kami, kami ingin memohon maaf jika ada kata atau tindakan kami yang kurang pantas. Teman-teman sekelas, perjalanan kita bersama selama hampir enam tahun ini sangat berharga. Mari kita terus semangat dalam belajar demi mencapai impian kita.

Kepada teman-teman sekelas yang masih bersekolah di SD kami, teruslah belajar, perhatikan nasihat yang diberikan oleh guru-guru, dan tetap semangat untuk mencapai impianmu.

Itulah pesan perpisahan yang ingin saya sampaikan. Saya memohon maaf bila ada kata-kata atau tindakan yang kurang tepat. Saya sekali lagi ungkapkan rasa terima kasih serta sampai jumpa pada lain kesempatan.

Itulah contoh pidato perpisahan kelas 6 bahasa Indonesia yang bisa kamu jadikan referensi mengerjakan tugas ujian praktek maupun ucapan perpisahan sungguhan di sekolahmu.


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah. Pada tahun 2019, dia menyelesaikan program studi D-3 Manajemen Informatika.
Logo SemutAspal