SemutAspal

10 Cara Menghemat Baterai iPhone agar Awet

Cara menghemat baterai iPhone
Cara menghemat baterai iPhone

Baterai adalah komponen paling vital dalam perangkat iPhone, karena tanpa baterai, perangkat tidak dapat berfungsi. Jika merasa baterai iPhone kamu boros dan cepat habis, ada cara efektif untuk mengatasi masalah ini.

Kamu tidak perlu khawatir, karena ada cara menghemat baterai iPhone yang optimal untuk meningkatkan daya tahan baterai dan menjaga kesehatan bateraimu.

Cara Menghemat Baterai iPhone

Kamu dapat menghemat baterai iPhone dengan mengikuti beberapa langkah mudah. Selain fitur “Low Power Mode” yang telah disediakan, terdapat metode tersembunyi lain yang dapat mengoptimalkan daya tahan baterai iPhone kamu.

Menghemat baterai iPhone bukan hanya tentang daya tahan baterai yang lebih lama, tetapi juga tentang menjaga kesehatan baterai agar tetap optimal. Berikut adalah cara-cara untuk menghemat baterai iPhone kamu.

1. Kurangi Kecerahan Layar

Salah satu cara optimal untuk menghemat baterai iPhone adalah dengan mengatur kecerahan layar secara manual. Dengan mengurangi kecerahan layar, kamu mengurangi beban kerja iPhone dan secara efisien menghemat daya baterai.

Kamu dapat melakukan ini dengan mudah melalui Control Center dengan menurunkan tingkat kecerahan layar sesuai kebutuhan.

Selain itu, kamu juga dapat menonaktifkan fitur Auto-brightness yang secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan kondisi cahaya sekitar.

Dengan cara ini, jika kamu berada di lingkungan yang cerah, kecerahan layar akan meningkat, sedangkan jika kamu berada di tempat gelap, kecerahan layar akan menurun.

Kamu dapat mematikan fitur Auto-brightness dengan pergi ke Pengaturan iPhone, lalu masuk ke opsi “Umum” dan “Aksesibilitas” di mana kamu dapat menonaktifkannya.

Dengan begitu, iPhone kamu tidak akan terus berusaha menyesuaikan kecerahan layar dengan perubahan lingkungan sekitar, yang pada akhirnya membantu menghemat daya baterai.

2. Aktifkan Low Power Mode

Kamu dapat meningkatkan daya tahan baterai iPhone dengan mengaktifkan Low Power Mode, sebuah fitur yang dapat dengan mudah diakses melalui pengaturan perangkat.

Mode ini dirancang untuk membatasi penggunaan fitur yang memakan banyak daya, seperti pembaruan otomatis dan penyegaran aplikasi latar belakang.

Selain itu, fitur ini juga mengubah tampilan iPhone menjadi mode gelap tanpa membatasi penggunaan perangkat secara signifikan.

Penggunaan Low Power Mode telah terbukti efektif dalam menghemat daya baterai dan memperpanjang masa pakai baterai. Untuk mengaktifkan fitur ini, langkah-langkahnya cukup sederhana.

Cukup buka menu pengaturan iPhone, pilih opsi “Baterai” dan aktifkan Low Power Mode. Kamu akan melihat indikator baterai berubah dari warna hijau menjadi kuning, menunjukkan bahwa fitur ini telah diaktifkan.

3. Aktifkan Dark Mode

Untuk menghemat daya baterai, kamu dapat memanfaatkan opsi dark mode pada iPhone. Dark mode dirancang untuk mengurangi penggunaan cahaya layar, sehingga daya baterai lebih efisien.

Aktifkan dark mode dengan cara masuk ke pengaturan, lalu pilih tampilan dan kecerahan, kemudian aktifkan mode gelap.

4. Matikan Always-on Display

Penggunaan fitur Always-on display yang selalu aktif dapat mengakibatkan penggunaan baterai iPhone yang lebih boros.

Oleh karena itu, untuk menghemat baterai iPhone kamu, disarankan untuk menonaktifkan fitur Always-on Display. Ini adalah langkah yang dapat menghemat daya baterai dengan efektif.

Caranya adalah dengan menuju ke pengaturan perangkat, memilih opsi “Tampilan & Kecerahan” dan kemudian menggeser tombol Always-On ke posisi “Off” atau “Matikan”.

5. Nonaktifkan Mode Lokasi

Salah satu langkah efektif untuk menghemat baterai adalah mengelola pengaturan lokasi dengan bijak. Di menu pengaturan, pilih “Privasi dan Keamanan”, lalu akses “Layanan Lokasi”.

Di sana, kamu dapat memutuskan apakah ingin menonaktifkan layanan lokasi sepenuhnya dengan memilih opsi “Tidak pernah”.

Namun, jika kamu perlu menggunakan layanan lokasi untuk aplikasi tertentu seperti Maps, kamu dapat memilih aplikasi yang diizinkan mengakses lokasi pada saat itu.

Langkah ini membantu mengurangi beban sistem pada iPhone dan mengurangi konsumsi baterai secara signifikan.

Ketika kamu tidak memerlukan layanan lokasi, menonaktifkannya dapat membantu meningkatkan kinerja iPhone dan menghemat daya baterai dengan efisien.

6. Batasi Aplikasi yang Berjalan di Background

Salah satu metode efektif untuk menghemat baterai iPhone adalah dengan membatasi aplikasi yang berjalan di latar belakang. Hal ini penting karena aplikasi yang terus beroperasi di latar belakang cenderung mengonsumsi daya baterai yang signifikan.

Salah satu faktor yang berkontribusi pada penggunaan daya baterai adalah “App Refresh,” yang berfungsi untuk memperbarui konten aplikasi di latar belakang. Sebagai solusi, kamu dapat menyesuaikan pengaturan ini di perangkat iPhone kamu.

Caranya, buka menu pengaturan, pilih “Umum” lalu arahkan ke “Background App Refresh”. Di sini, kamu memiliki kontrol penuh untuk mengizinkan atau menonaktifkan pembaruan aplikasi latar belakang sesuai kebutuhanmu.

Dengan mengoptimalkan pengaturan ini, kamu dapat mengurangi beban baterai iPhone kamu, membuat perangkatmu lebih efisien dalam penggunaan daya.

7. Update iOS Versi Terbaru

Penting untuk selalu mengupdate iOS ke versi terbaru karena pembaruan ini ditujukan untuk meningkatkan kinerja iPhone dan tetap menjaga kualitas smartphone.

Dengan menjaga sistem dan aplikasi terbaru, kamu dapat memaksimalkan efisiensi baterai perangkat sehingga baterai lebih hemat dan berkinerja optimal.

8. Gunakan Mode Pesawat

Salah satu cara paling efektif untuk menghemat baterai iPhone adalah dengan mengaktifkan mode pesawat saat tidak memerlukan koneksi seluler dari SIM Card.

Saat berada di rumah atau tempat dengan akses Wi-Fi, aktifkan mode pesawat untuk menghemat daya baterai iPhone kamu. Dengan cara ini, kamu masih dapat menjelajah internet bahkan saat mode pesawat aktif.

Kamu dapat mengaktifkan mode pesawat dengan mudah dengan menggeser ikon pesawat di Control Center. Saat mode pesawat aktif, jaringan seluler akan dinonaktifkan, dan ikon pesawat akan muncul di layar.

9. Batasi Notifikasi yang Masuk

Salah satu langkah efektif dalam menghemat baterai iPhone adalah dengan mengelola notifikasi dengan bijak.

Dengan membatasi notifikasi yang diterima, kamu dapat mengurangi beban sistem iPhone, meminimalkan tugas latar belakang, dan meningkatkan daya tahan baterai.

Caranya adalah dengan membuka menu “Pengaturan”, lalu pilih “Notifikasi”. Di sini, kamu dapat menonaktifkan notifikasi dari aplikasi tertentu yang ingin dihentikan.

10. Hindari Sinar Matahari

Salah satu tips yang sering diabaikan oleh pengguna iPhone adalah menjauhkan perangkat dari paparan sinar matahari.

Bagi pengguna di daerah beriklim tropis seperti Indonesia, penting untuk memperhatikan suhu dan kondisi cuaca saat menggunakan iPhone.

Suhu yang ekstrem, baik sangat panas atau sangat dingin, dapat memengaruhi daya tahan baterai iPhone karena meningkatkan beban kerja perangkat.

Contohnya, penggunaan iPhone di bawah sinar matahari yang terik, seperti di pantai, dapat mempercepat penurunan daya baterai. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari paparan langsung sinar matahari pada iPhone kamu.

Dengan melindungi perangkat dari suhu ekstrem, kamu juga dapat menjaga kesehatan baterai iPhone kamu. Ini adalah langkah yang penting untuk memastikan baterai tetap berkinerja optimal.

Kesimpulan

Itulah metode terbaik untuk mengoptimalkan daya tahan baterai iPhone kamu. Metode-metode ini telah terbukti efektif dalam menjaga baterai iPhone tetap awet.

Selain menghemat daya baterai, langkah-langkah ini juga akan menjaga kesehatan baterai iPhone kamu agar tetap dalam kondisi optimal.

Jangan lupa untuk selalu memeriksa inovasi terbaru dari Apple yang mungkin akan memperkenalkan teknologi baru untuk meningkatkan daya tahan baterai iPhone di masa depan.

Untuk mendapatkan iPhone dengan baterai asli, kunjungi official store iPhone marketplace terpercaya yang menawarkan produk iPhone asli dengan harga terjangkau.

Baca juga artikel lain yang terkait di SemutAspal:


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah lulusan D-3 Manajemen Informatika. Memiliki pengalaman dan kecintaan di bidang geopolitik, keuangan, pemrograman, digital marketing, dan sosial.
Logo SemutAspal