SemutAspal

Tips Merawat iPhone yang Benar supaya Awet

Cara merawat iPhone 5s
Tips merawat iPhone

Tips Merawat iPhone

Produsen smartphone, termasuk Apple dengan iPhone-nya, terus inovatif dengan meluncurkan model terbaru setiap tahun. Menariknya, sistem operasi iPhone tetap diperbarui hingga 5 tahun ke depan.

Hal ini memikat pengguna Android untuk beralih. Bagi yang ingin mempertahankan iPhone lamanya, penting untuk tahu cara merawatnya agar usianya tetap panjang.

Dengan perawatan yang tepat, pembaruan sistem operasi dapat dinikmati lebih lama. Yuk, simak tips merawat iPhone agar usianya semakin bertahan dalam penjelasan lengkap berikut!

1. Lapisi Layar dengan Screen Protector

Salah satu tips penting dalam merawat iPhone agar memiliki umur panjang adalah fokus pada layarnya. Layar merupakan area yang rentan terhadap kerusakan, terutama retak dan pecah pada LCD.

Untuk menghindari hal ini, gunakan screen protector berkualitas tinggi yang mampu melindungi layar dari benturan dan kerusakan ringan. Ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang cenderung ceroboh atau sering mengalami kejadian jatuh.

Pilihlah screen protector yang tahan terhadap benturan untuk perlindungan maksimal. Jika screen protector mengalami kerusakan, segera gantilah dengan yang baru untuk memastikan kinerjanya tetap optimal.

Dengan menerapkan langkah ini, tidak hanya layar iPhone yang lebih tahan lama, tetapi juga memberikan kesan kesegaran pada perangkat. Pilihlah screen protector yang sesuai dengan model iPhone yang digunakan untuk hasil perlindungan yang optimal.

2. Pastikan Kesehatan Baterai

Masuk ke aspek baterai, yang merupakan komponen krusial dalam perangkat seperti iPhone. Baterai tidak hanya menyediakan daya untuk aktivitas, tetapi juga memengaruhi kinerja perangkat.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan baterai iPhone menjadi hal esensial. Langkah preventif utama adalah menghindari kebiasaan yang dapat merusak kesehatan baterai. Disarankan untuk mengganti baterai ketika battery health mencapai 50%.

Hindari kebiasaan merugikan seperti menggunakan iPhone saat di-charge, mengisi daya semalaman penuh, dan pastikan menggunakan charger asli atau berkualitas untuk mencegah situasi yang tidak diinginkan.

Tips merawat iPhone
Tips merawat iPhone

3. Rutin Bersihkan Port Pengisian

Seringkali tidak disadari bahwa lubang-lubang pada body iPhone dapat menjadi tempat kotoran dan debu, terutama pada lubang port pengisian.

Membersihkan lubang ini sangat penting karena debu di dalam port pengisian dapat menghambat proses pengisian atau bahkan mencegahnya sepenuhnya.

Kamu dapat membersihkan port dengan menggunakan SIM ejector atau benda kecil lainnya yang ujungnya tumpul.

Penting untuk membersihkannya dengan hati-hati agar tidak merusak port. Dengan merawat iPhone menggunakan tips ini, diharapkan perangkat bisa lebih awet dan berfungsi secara optimal.

4. Gunakan Backup File

Untuk menjaga kinerja iPhone dan memperpanjang usianya, pastikan penyimpanan tidak penuh karena iPhone tidak mendukung kartu microSD.

Mengelola penyimpanan dengan menghapus aplikasi jarang digunakan atau memanfaatkan iCloud dapat meningkatkan performa.

Backup rutin ke iCloud atau perangkat penyimpanan lainnya juga menjadi langkah bijak untuk menghindari kehilangan atau kesalahan akses file.

5. Pembarui Aplikasi dan Sistem Operasi

Salah satu tips terakhir untuk merawat iPhone agar tetap awet adalah secara rutin memperbarui aplikasi dan sistem operasinya. Sebagai pengguna iPhone, kita sering menggunakan berbagai aplikasi untuk hiburan atau pekerjaan.

Terkadang, kita lupa untuk memperbarui versi aplikasi, padahal ini penting. Aplikasi yang diperbarui biasanya membawa fitur baru, peningkatan keamanan, dan stabilitas performa.

Untuk kenyamanan, iPhone kini mendukung pembaruan otomatis aplikasi. Selain aplikasi, perbarui juga sistem operasi secara teratur. Pembaruan iOS dapat dilakukan dengan mudah melalui pengaturan iPhone di bagian General dan Software Update.

Dengan memahami tips merawat iPhone ini, kamu dapat memperpanjang umur gadgetmu. Merawat iPhone tidaklah sulit, namun jika sudah tidak mendukung aktivitas harian, pertimbangkan untuk menggantinya dengan yang baru.

Baca juga artikel lain yang terkait di SemutAspal:


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah lulusan D-3 Manajemen Informatika. Memiliki pengalaman dan kecintaan di bidang geopolitik, keuangan, pemrograman, digital marketing, dan sosial.
Logo SemutAspal