SemutAspal

Mau Bisnis Bareng Pacar? Wajib Ketahui 7 Hal ini

Bisnis bareng pacar
Bisnis bareng pacar

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengawali sebuah bisnis bagi setiap individu, salah satunya dengan membangun bisnis bareng pacar.

Dengan perasaan yang menggebu-gebu dan diselimuti perasaan kasih sayang, beberapa pasangan kekasih bisa memiliki rencana membuka usaha dengan optimisme tinggi.

Aktivitas tersebut dinilai sebagai kegiatan positif dalam sebuah hubungan untuk mencapai kesuksesan bersama dari nol, mengembangkan passion yang dimiliki, hingga bertujuan untuk mengumpulkan modal pernikahan bersama-sama.

Bisnis Bareng Pacar

Ada hal yang tidak dapat dipungkiri, dalam setiap bisnis yang berjalan pasti memiliki halangan dan rintangan yang perlu dilewati.

Tak terkecuali permasalahan yang biasa terjadi pada bisnis bareng pacar adalah pertengkaran dalam sebuah hubungan, perbedaan pendapat, bahkan tak jarang sepasang kekasih putus hubungan di tengah jalan.

Hal itu bisa membuat bisnis yang dibangun menjadi berantakan, merugi, dan tutup. Kemudian kegagalan tersebut memicu masing-masing pihak tak mau rugi dan merasa memiliki atau saling klaim bisnis yang sedang meningkat.

Dengan demikian, hindari hal-hal yang tidak diinginkan dan optimalkan bisnis bareng pacar dengan memperhatikan beberapa hal yang akan dibahas pada artikel ini. Berikut penjelasannya.

1. Perkuat Komunikasi

Komunikasi dalam sebuah hubungan merupakan hal utama yang harus dijaga, begitu pula dalam sebuah bisnis yang berjalan. Dan bagi sebagian pasangan, hubungan mereka terjadi karena adanya komunikasi dua arah yang baik.

Membuat visi misi perusahaan merupakan langkah awal dalam membuat sebuah bisnis. Visi misi tersebut didapat dari hasil keputusan bersama pasangan, yang tentunya diperlukan komunikasi yang kuat dan stabil, agar bisnis berjalan sesuai tujuan.

Komunikasi yang kuat akan selalu dibutuhkan dalam kondisi bisnis yang sedang sehat maupun tidak sehat. Hal ini berpengaruh terhadap optimalisasi keputusan yang akan diambil di setiap strategi bisnis yang dibuat.

Selain itu, memperkuat komunikasi pun meminimalisir kesalahpahaman yang terjadi, baik dalam sebuah hubungan bisnis maupun status asmara.

2. Rencanakan Tujuan Bisnis

Bisnis yang dibuat ini tentunya memiliki tujuan yang akan dituju oleh sepasang kekasih. Misalnya, membuat bisnis untuk modal pernikahan. Hal ini akan mempermudah dalam penghitungan alokasi dana yang diperlukan pada setiap sektornya.

Selain itu, merencanakan tujuan bisnis yang dilakukan secara detail mampu membuat hubungan profesional dan asmara menjadi seimbang.

3. Komitmen dalam Profesionalisme

Selain komunikasi yang kuat, profesionalisme dalam sebuah bisnis bareng pacar menjadi hal yang krusial.

Jika terjadi pertengkaran dalam hubungan asmara, pastikan tidak melibatkan permasalahan tersebut ke dalam urusan bisnis, hal tersebut agar tidak mempengaruhi performa bisnis.

Begitu pun sebaliknya, jika kondisi bisnis sedang naik turun, sebaiknya tidak membawanya ke dalam hubungan, karena akan berdampak buruk bagi hubungan maupun bisnis. Sebab dari itu, komitmen dalam profesionalisme sangat dibutuhkan.

4. Pisahkan Uang Pribadi dengan Bisnis

Diskusi mengenai uang dalam bisnis maupun hubungan akan menjadi hal yang sensitif. Dengan demikian, kembali fokus terhadap tujuan bisnis bisa menjadi alasan pemisah antara uang pribadi dan bisnis.

Memisahkan rekening pribadi dan rekening bisnis menjadi solusi. Perhitungan uang mulai dari modal, sistem gaji, hingga pembagian keuntungan bisa dikelola dari rekening bisnis.

Dan keuntungan yang sudah masuk pada rekening terpisah bisa dikelola sesuai kesepakatan tujuan di awal perjanjian.

5. Buat Laporan Keuangan

Membuat laporan keuangan sangatlah penting dalam setiap bisnis, tak terkecuali bisnis bareng pacar.

Karena di dalam laporan keuangan akan dihitung rinci setiap cash flow yang terjadi, laba rugi, hingga stock barang. Hal tersebut mampu meminimalisir kesalahan perhitungan bahkan kecurangan perhitungan.

Analisis laporan keuangan yang dihasilkan Vobis, dapat memudahkanmu dalam melihat bisnis yang sehat ataupun tidak sehat secara realtime. Sehingga, dapat dengan cepat merancang strategi yang akan dilakukan dalam mempertahankan keuntungan.

Kamu bisa memulai laporan keuangan gratis dari Vobis, sistem keuangan Vobis dibekali sistem clouds dan multi-pengguna, sehingga kamu dan pasangan bisa memantau performa perusahaan dari masing-masing perangkat handphone maupun laptop, di mana saja dan kapan saja. Coba Gratis Sekarang!

6. Buat Surat Perjanjian

Poin penting selanjutnya adalah membuat surat perjanjian. Membuka bisnis walau bareng pacar bukanlah hal yang bisa disepelekan jika janji hanya diucapkan melalui mulut saja.

Diperlukannya perjanjian tertulis yang mencangkup hal penting mulai dari sistem gaji, pembagian keuntungan, hingga hak dan kewajiban masing-masing.

Dengan menuliskannya dalam surat perjanjian, poin-poin tersebut dilakukan secara legal dan bisa menjadi pedoman dalam menjalankan bisnis, serta menghindari terjadinya saling menyalahkan di kemudian hari.

7. Jangan Lupakan Quality Time

Terkadang, menjalankan sebuah bisnis membuat kita melupakan pentingnya waktu luang untuk pasangan. Setelah bisnis sudah mulai berjalan, luangkan waktu berdua untuk bersantai dan menikmati momen berdua tanpa harus memikirkan bisnis.

Yang terpenting, jaga keseimbangan antara bisnis dan asmara. Hal ini dilakukan agar chemistry pasangan tetap kuat dalam menjalani hubungan asmara dan bisnis yang sehat.


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah. Pada tahun 2019, dia menyelesaikan program studi D-3 Manajemen Informatika.
Logo SemutAspal