SemutAspal

Google Workspace: Definisi, Kelebihan, Harga

Pengertian Google Workspace
Pengertian Google Workspace

Google Workspace, sebelumnya dikenal sebagai Google G Suite, adalah paket layanan premium dari Google yang dirancang khusus untuk pemilik bisnis dan UMKM.

Memanfaatkan beragam aplikasi seperti Gmail, Calendar, Meet, Sheets, Slides, Docs, Drive, dan Chat, Workspace memungkinkan kamu untuk meningkatkan kolaborasi antar karyawan. Salah satu fitur utama adalah kemampuan membuat surel dengan domain perusahaan, seperti kinna@mentaritoko.com.

Dengan fitur tambahan yang memfasilitasi kerjasama, Google Workspace menjadi pilihan yang unggul untuk meningkatkan produktivitas bisnis. Untuk informasi lebih lanjut mengenai fungsinya dan biaya langganan, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Google Workspace ?

Google Workspace, evolusi dari Google G Suite, memperkaya fitur kolaborasi dan interaksi tim. Sejak awal dikenal sebagai “Google Apps for Your Domain”, lalu “Google Apps”, hingga rebranding menjadi G Suite pada 2016 dan akhirnya Google Workspace.

Dibandingkan G Suite, Google Workspace meningkatkan kualitas kerja tim dengan kolaborasi yang lebih efektif. Fokus utamanya adalah meningkatkan produktivitas dan integrasi antar karyawan.

Promo garansi Shopee

Dirilis pada Oktober 2020 sebagai respons atas kebutuhan kerja jarak jauh akibat pandemi, layanan Google ini menyediakan platform terintegrasi bagi perusahaan dari berbagai ukuran.

Mulai dari pembuatan alamat email dengan domain perusahaan hingga penggunaan aplikasi seperti Google Docs, Slides, dan Sheets, serta layanan komunikasi seperti Google Meet dan Chat. Sesuai untuk berbagai jenis bisnis, layanan ini menghubungkan tim secara efisien.

Kelebihan

Layanan ini adalah solusi lengkap dari Google yang cocok untuk perusahaan besar, menengah, hingga UMKM. Dengan teknologi yang canggih dan aman, memungkinkan kamu dan timmu bekerja sama secara efisien dari mana pun.

Semua data dan dokumen penting tersedia secara online dan terlindungi dengan aman di cloud. Ayo, temukan semua keunggulan Google Workspace untuk bisnismu di bawah ini:

1. Hemat Biaya Operasional

Dengan layanan ini, kamu tak perlu membeli aplikasi pengolah dokumen untuk seluruh karyawan di kantor.

Cukup berlangganan paketnya, setiap karyawan bisa memanfaatkan Google Docs, Slides, dan Sheets untuk membuat dokumen, mengadakan rapat online lewat Google Meet, berkomunikasi melalui Google Chat, serta menggunakan email dengan fitur lengkap.

Semua data atau dokumen kerja dapat disimpan di Google Drive, bisa diakses kapan pun diperlukan, dan bisa dibagikan dengan atau diakses oleh seluruh karyawan di kantor. Layanan ini dapat diakses baik secara online maupun offline, tanpa memerlukan perangkat laptop atau PC dengan spesifikasi tinggi.

2. Buat Email Perusahaan

Selain menikmati beragam paket aplikasi dari Google, kamu juga bisa membuat email karyawan dengan domain khusus. Prosesnya cepat dan mudah tanpa ribet.

Tak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk mengelola email karyawanmu. Semua kebutuhan operasional karyawan bisa terpenuhi dengan langganan layanan Google Workspace.

3.  Update Sistem Keamanan

Google Workspace merupakan kumpulan aplikasi Google yang tidak hanya menawarkan beragam alat produktivitas, tetapi juga dilengkapi dengan sistem keamanan mutakhir.

Melalui fitur-fitur keamanan baru, Google Workspace hadir untuk melindungi setiap dokumen, pesan teks, video conference, dan segala jenis pekerjaanmu dari potensi penyalahgunaan. Dengan demikian, kamu dapat bekerja lebih efisien tanpa khawatir terganggu oleh potensi ancaman keamanan.

4. Mention Rekan Kerja

Salah satu fitur terbaru dari Google Workspace adalah kemampuan untuk menyebut rekan kerja secara langsung. Dengan fitur ini, kamu dapat mengetikkan nama rekan kerja dengan menambahkan tanda “@” di depannya.

Saat digunakan dalam email, fitur tersebut secara otomatis akan mengirim email kepada rekan yang kamu sebutkan. Saat mengetik mention, daftar lengkap karyawan di kantormu akan muncul, memudahkanmu untuk menemukan rekan kerja yang kamu maksud.

5. Preview Dokumen

Fitur Preview dokumen mempermudah kamu dalam meninjau dokumen tanpa perlu mengunduh atau membuka tab baru. Saat melakukan rapat online, kamu dapat melihat dokumen secara langsung tanpa hambatan.

Dokumen tersebut juga dapat diedit dan dibuat langsung di Google Meet, membuat penggunaan Google Workspace menjadi sangat mudah, bahkan bagi pemula.

Perbedaan Google Workspace Berbayar vs Gratis

Google Workspace menyediakan layanan yang dapat diakses oleh pengguna baik yang berlangganan berbayar maupun yang menggunakan versi gratis. Bagi pengguna pribadi, Google menawarkan layanan Google Workspace secara gratis.

Namun, untuk pengguna bisnis, Google menyediakan beberapa fitur tambahan yang menguntungkan, seperti alamat email karyawan dengan domain khusus mereka, kapasitas cloud tambahan, dan tingkat keamanan yang lebih baik.

Pengguna berbayar Google Workspace dapat menikmati sejumlah fitur yang memperkaya pengalaman kerja mereka, antara lain:

  • Membuat email dengan domain perusahaan sendiri, misalnya: kinna@mentaritoko.com
  • Mengakses Google Drive, Calendar, dan email bersama dengan karyawan lain
  • Mengelola hak akses bagi setiap pengguna secara individual
  • Kolaborasi lebih efisien dengan fitur pelacakan pengeditan
  • Mendapatkan kapasitas penyimpanan cloud yang lebih besar, mulai dari 30GB hingga 5TB per pengguna
  • Membatasi akses dari pengguna di luar organisasi
  • Mendapat dukungan teknis langsung dari tim Google.

Harga Langganan Google Workspace

Google Workspace untuk bisnis menawarkan tiga paket berbeda: Business Starter, Business Standard, dan Business Plus. Harganya terjangkau, dimulai dari Rp 80 ribuan per bulan per akun.

Dengan investasi yang terjangkau, semua stafmu dapat mengakses email dengan domain kustom, alat pengolah dokumen, penyimpanan cloud, serta aplikasi rapat dan obrolan Google.

Untuk rapat video menggunakan Google Meet, kapasitas peserta berkisar dari 100 hingga 500 tergantung pada jenis paket Google Workspace yang dipilih. Penyimpanan cloud Google bervariasi mulai dari 30 GB, 2 TB, hingga 5 TB untuk setiap pengguna di organisasi Anda.

Google Workspace adalah solusi lengkap dari Google yang sesuai untuk berbagai skala bisnis, mulai dari UMKM hingga perusahaan besar.

Dengan pembayaran langganan per pengguna, setiap anggota timmu akan memiliki akses ke alat yang mereka butuhkan, seperti Google Docs, Slides, dan Sheets untuk pengolahan dokumen, serta Google Meet untuk rapat online dan Google Chat untuk berkomunikasi.


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah lulusan D-3 Manajemen Informatika. Memiliki pengalaman dan kecintaan di bidang geopolitik, keuangan, pemrograman, digital marketing, dan sosial.