Manfaat Unsur Transisi Periode Keempat

Manfaat Unsur Transisi Periode Keempat

1. Skandium (Sc)
Penggunaan utamanya dari segi isi padu adalah aloi aluminium-skandium untuk industri kedirgantaraan dan juga untuk peralatan olahraga (sepeda, tongkat besbol, senjata api, dan sebagainya) yang memerlukan bahan berkualitas tinggi.

2. Titanium (Ti)
Titanium digunakan sebagai badan pesawat terbang dan pesawat supersonik, karena pada temperatur tinggi tidak mengalami perubahan kekuatan (strenght).

3. Vanadium (V)
Vanadium untuk membuat peralatan yang membutuhkan kekuatan dan kelenturan yang tinggi seperti per mobil dan alat mesin berkecepatan tinggi, Umumnya digunakan untuk paduan dengan logam lain seperti baja tahan karat dan baja untuk peralatan.

4. Kromium (Cr)
Adapun kegunaan kromium antara lain sebagai berikut:
Khromium digunakan untuk mengeraskan baja, pembuatan baja tahan karat dan membentuk banyak aloi (logam campuran) yang berguna.
Digunakan untuk katalis dan untuk pewarna gelas. Suatu senyawa kromium yang indah sekali adalah jamrud (emerald). Batu permata ini terbentuk jika sebagian ion aluminium dalam mineral beril, Be3Al2(Si6O18) diganti oleh ion kromium (III).

5. Mangan (Mn)
Pada produksi baja, mangan berpartisipasi pada pemurnian besi melalui reaksi dengan belerang dan oksigen dengan memindahkannya melalui pembentukan terak. Fungsi yang lain adalah untuk meningkatkan kekerasan baja. Baja yang mengandung mangan dengan proporsi besar bersifat sangat keras dan tahan lama. Oleh karena itu digunakan dalam kereta api dan mesin-mesin buldoser.

6. Ferrum (Fe)
Manfaat ferrum atau besi antara lain sebagai bahan utama pembuatan baja. Adapun manfaat baja adalah Fe(OH)3 digunakan untuk bahan cat seperti cat minyak, cat air, atau cat tembok. Fe2O3 sebagai bahan cat dikenal nama meni besi, digunakan juga untuk mengkilapkan kaca. FeSO4 digunakan sebagai bahan tinta.

7.Kobalt (Co)
Kobalt yang dicampur dengan besi, nikel, dan logam lainnya untuk membuat alnico, aloi dengan kekuatan magnet luar biasa untuk berbagai keperluan. Aloi stellit, mengandung kobalt, khromium, dan wolfram, yang bermanfaat untuk peralatan berat, peralatan yang digunakan pada suhu tinggi, maupun peralatan yang digunakan pada kecepatan yang tinggi.

8. Nikel (Ni)
Nikel banyak digunakan untuk hal-hal berikut ini:
Merupakan logam putih perak keabuan, dapat ditempa, penghantar panas yang baik dan tahan terhadap udara, tetapi tidak tahan terhadap air yang mengandung asam sehingga banyak digunakan sebagai komponen pemanas listrik (nikrom) yang merupakan campuran dari Ni, Fe, dan Cr. Perunggu-nikel digunakan untuk uang logam. Perak jerman (paduan Cu, Ni, Zn) digunakan untuk barang perhiasan. Pembuatan aloi, battery electrode, dan keramik, dll

9. Cuprum (Cu)
Cuprum atau tembaga banyak digunakan sebagai kabel jaringan listrik karena sifatnya yang menghantarkan listrik. Tembaga juga digunakan untuk membuat pipa ledeng. Aloi tembaga dan emas digunakan untuk membuat perhiasan.

10. Seng (Zn)
Zink digunakan untuk melapisi besi dan baja untuk mencegah karat. Zink juga digunakan dalam aloi misalnya brazo (tembaga dan zink).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × 3 =