Musik Tradisional Tiongkok

Musik tradisional Tiongkok

Sejarah Singkat Musik Tradisional Tiongkok

Bangsa China memiliki kekayaan budaya musical yang telah tumbuh dan berkembang sejak dulu.

Suling jiahu adalah merupakan alat musik tradisional china yang ditemukan pada tahun 1999. Instrumen tertua di Cina adalah instrument musik tertua di dunia yang terbuat dari tulang dan dibuat sekitar tahun 7000 tahun SM.

Contoh lainnya adalah sebuah koleksi lonceng, drum, alat musik tiup, dan alat musik dawai dari perunggu pada makam bangsawan Yi dari Zeng (abad 5 SM).

Bangsa Cina mempercayai suatu tradisi bahwa bunyi nada yang harmonis merupakan keselarasan alam semesta.

Selama lebih dari 2000 tahun Cina dikuasai oleh pengajaran ahli filsafat Konfusius yang percaya bahwa musik merupakan gambaran sosial budaya dalam masyarakat dan peribadatan, suatu totalitas kegiatan terpelajar, meliputi berpikir, bertindak, dan mengatur.

Oleh karena itu, musik merupakan suatu syarat mutlak yang harus dipenuhi seseorang yang terpelajar untuk berfungsi dengan baik di dalam masyarakat.

Sekitar abad XIX tradisi musik Cina mulai terpengaruh tradisi musik Eropa. Mereka mulai diperkenalkan dengan instrument musik Barat, orkes simfoni, dan konser operanya.

Berbagai gedung pertujukkan mulai tumbuh di Cina. Sehingga, masuklah bangsa Cina dalam modernisasi musik.

Saat ini, musik tradisional Cina dimainkan bersama dengan komposisi modern. Musik kontemporer populer Cina merupakan hasil perpaduan antara musik tradisional China dengan musik popular.

Pembagian Musik Tiongkok

Musik Tradisional

Secara mayoritas musik tradisional Cina menggunakan bahasa China, meliputi nyanyian rakyat, nyanyian bercerita, dan opera.

Terdapat lebih dari 400 opera lokal dan 300 nyanyian bercerita yang dipengaruhi oleh budaya lokal.

Berikut ini yang termasuk ragam musik Tiongkok adalah musik tradisional kerakyatan (kepahlawanan, cinta, kerja, atau anak-anak) dan religius yang menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, yang terintegrasi ke dalam aktivitas sosial, seperti perkawinan, pemakaman, pemujaan, upacara religius, festival, dan perayaan lainnya.

Musik Modern

Pada permulaan abad XIX, pengaruh musik Eropa mulai masuk. Western Style Conversatories didirikan pada tahiun 1920, didirikannya badan ini bertujuan untuk melestarikan musik Cina dan musik Eropa.

Mereka menyediakan program musik Cina dan Barat baik tradisional maupun modern, dengan memadukan instrument musik, tehnik bernyanyi, gaya tradisional, dan estetika ke dalam harmoni dan orkestrasi.

Musik Cina modern tetap menjaga karakteristik bangsa Cina dengan cara mempertahankan instrumen tradisional mereka tetap ada di dalam permainan musiknya.

Sistem musik:

Menurut teori musik China (kira-kira 2700 SM) satu oktaf terdiri dari 12 nada, tetapi dalam permainan musiknya menggunakan 5 nada yang disebut pentatonik (penta berarti 5 dan tonik adalah nada).

Alat Musik Tradisional Tiongkok

Banyak alat musik tradisional di Tiongkok. Kesemuanya menunjukkan bahwa kebudayaan China sudah sangat maju di masa lampau.

Seperti yang kita tau, alat musik Tiongkok kebanyakan adalah alat musik petik yang suaranya bersumber dari dawai. Namun, ternyata ada juga alat musik pukul tradisional khas Cina.

Berikut adalah beberapa jenis alat musik tradisional yang berasal dari Cina.

Erhu

Para erhu memiliki tubuh kecil dan leher panjang. Ada dua string, dengan busur disisipkan di antara mereka. Dengan berbagai sekitar tiga oktaf, suara itu agak seperti biola, tetapi dengan nada lebih tipis karena ruang beresonansi lebih kecil. Dalam orkestra mereka biasanya dibagi menjadi 1 dan 2 bagian.

Banhu

Instrumen ini adalah berbagai huqin tersebut. Hal ini karena ia menggunakan papan terdengar kayu di kotak suara. Juga dikenal sebagai bonghu (genta huqin) karena terdengar di Bangzi atau “opera genta” dari abad ke-17.

Gaohu dan Zhonghu

Ini adalah ganda umum untuk pemain erhu. Gaohu lebih tinggi melengking, sedangkan Zhonghu adalah versi alto. Para Zhonghu memiliki nada yang indah, mirip dengan cello.

Gehu

Gehu ini adalah campuran dari cello dan hu, menggunakan empat senar, dan teknik bermain yang sama. Sebagai instrumen menggunakan membran banjo seperti sebagai papan terdengar, suara yang dihasilkan tidak seperti cello.

Bass Gehu

Sangat mirip dalam teknik dan penggunaan sebagai double bass, dengan suara yang berbeda karena perbedaan dalam konstruksi.

Pipa

Pipa tersebut, juga Lute tersebut, menyerupai gitar Spanyol dalam beberapa hal, dengan panjang jari-kuku yang dibudidayakan untuk memetik senar.

Dengan bentuk karakteristik pir dan empat senar usus. Banyak teknik dan kegunaan telah mengembangkan, ke titik di mana ia dapat dianggap sebagai ciri khas musik Cina.

Guqin

Para Guqin, siter tujuh senar, adalah instrumen string tertua Cina dengan 3000 tahun sejarah. Di Kekaisaran China, seorang sarjana terdidik diharapkan menjadi terampil dalam empat seni: qin, qi, shu, dan hua, dengan kata lain, guqin, catur, kaligrafi, dan lukisan.

Sejak Guqin secara historis dipandang sebagai simbol budaya tinggi Cina, hari ini hanya kurang dari tiga ratus orang di China bisa memainkannya. Ini adalah langka hari ini.

Liuqin

Ini terlihat seperti versi lebih kecil dari pipa dan terdengar seperti sebuah mandolin.

Ruan

Juga dikenal sebagai gitar bulan, ia datang dalam berbagai ukuran yang berbeda dan lapangan, dan dilengkapi dengan empat senar.

Yangqin

Datang dalam berbagai ukuran, Yangqin adalah Dulcimer dimainkan dengan palu bambu. Nada logam menyerupai piano kuno, dan model konser memiliki empat oktaf.

Yangqin adalah alat musik gesek dan pukul tionghoa. Bunyinya nyaring dan mempunyai daya ekspresif yang kuat, sehingga berkedudukan penting dalam pertunjukan musik tradisional.

Guzheng

Juga dikenal sebagai Zheng, ini adalah siter China. Ukuran bervariasi dari 13 hingga 17 senar dan memiliki jangkauan melebihi tiga oktaf sesuai untuk skala pentatonik

Di

The Di, atau Di-tz, adalah seruling tradisional Cina. Karena hanya tiga kunci dapat dimainkan secara akurat pada instrumen tradisional, sebagian besar pemain membawa satu set berwarna.

Alat musik ini dapat memiliki membran melalui lubang nada tambahan untuk memberikan efek bunyi yang khas, meskipun beberapa komposisi panggilan untuk ini harus dihilangkan.

Bawu

Instrumen indah kadang-kadang akan muncul di bagian angin orkestra. Ini adalah pipa suling seperti dengan buluh gratis di bagian mulut.

Suona

Ini adalah instrumen buluh dengan bel logam berbentuk kerucut. Ia memiliki suara menembus hidung dan datang dalam berbagai ukuran.

Sheng

Ini adalah salah satu jenis alat musik tertua di Cina, dan consista dari seikat antara 17 menjadi 36 pipa duduk di ruang angin kecil. Buluh kuningan bebas ditempatkan di root instrumen.

Datang dalam sopran, alto, tenor dan model, mereka memiliki kejelasan dari nada, dan mengkompensasi kekurangan dari kuningan di tutti orkestrasi.

Guan

Ini adalah silinder dilengkapi dengan corong buluh. Memiliki kualitas suara hidung dan umumnya datang dalam berbagai ukuran.

Instrumen Perkusi

China tidak hanya mengenal alat musik petik tetapi juga mengenal alat musik perkusi seperti gong dan drum.

Gong dan Drum

Seperti musik tradisional lainnya, ansambel musik oriental dan orkestra klasik Cina menggunakan berbagai macam perkusi.

Beberapa contoh alat musik itu adalah Paigu serta yunlo (tuned gong), quings (mangkuk perunggu tuned), dan jingluo, gong kecil yang digunakan di Beijing opera.