SemutAspal

Pengertian Manajemen beserta Fungsinya

Pengertian manajemen
Pengertian manajemen

Berbicara tentang perusahaan, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah manajemen. Ya manajemen merupakan hal pokok yang ada pada sebuah perusahaan. Tanpa adanya manajemen, perusahaan tentunya tidak dapat berjalan dengan baik.

Tahukah kamu apa pengertian manajemen? Pada artikel ini akan dibahas mengenai definisi beserta fungsi manajemen pada sebuah perusahaan.

Pengertian Manajemen

Waktu adalah sumber daya yang tidak bisa didapatkan kembali. Maka, kamu harus bisa mengatur waktu yang dimiliki untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawab yang diemban.

Kemampuan ini merupakan satu hal utama dalam manajemen. Banyak hal yang telah direncanakan tidak akan berjalan dengan baik jika tidak bisa mengatur waktu.

Mempelajari manajemen merupakan hal yang berguna. Selain dapat mengatur waktu, kamu juga dapat mengontrol sumber daya dengan lebih efektif.

1. KBBI

Apa itu manajemen? Berdasarkan KBBI, pengertian manajemen adalah sebuah penggunaan sumber daya yang efektif dalam mencapai sebuah sasaran.

Jadi, manajemen ini berkaitan dengan pengelolaan perusahaan agar berjalan efektif untuk mencapai target. Biasanya dalam pengelolaan ini, tim bekerja sama dengan tanggung jawab dari pimpinan terhadap jalannya perusahaan atau organisasi tersebut.

2. Cambridge

Menurut Cambridge, pengertian dari manajemen ini dalam bahasa Inggris diartikan sebagai pengelolaan, pengaturan dan pengendalian serta kontrol yang dilakukan oleh orang-orang yang bertanggung jawab terhadap organisasi bisnis tersebut.

3. Situs Pendidikan

Salah satu situs pendidikan juga menyebutkan pengertian manajemen sebagai sebuah cara untuk mencapai sebuah tujuan dengan cara yang teratur dan terarah. Adapun untuk penerapannya itu sendiri pengertian dari manajemen sebenarnya sangat luas.

Contohnya, istilah manajemen ini bisa digunakan untuk menyatakan pengelolaan waktu yang dilakukan pada sebuah kegiatan agar berjalan secara terencana dan lancar.

4. Pengertian secara Umum

Secara umum pengertian dari manajemen itu sendiri merupakan sebuah proses yang digunakan dalam mengatur kegiatan baik itu yang dilakukan oleh suatu individu ataupun kelompok.

Jadi, unsur-unsur yang terkandung dalam manajemen di antaranya adalah perencanaan, pengaturan dan pelaksanaan dalam mencapai tujuan yang diinginkan.

Fungsi dari Manajemen

Berdasarkan pengertian tersebut maka dapat diketahui fungsi dari manajemen itu sendiri yaitu:

1. Perencanaan

Manajemen memang berkaitan erat dengan perencanaan, hal tersebut ditunjukkan bahwa dalam menyusun atau merencanakan sebuah strategi sangat dibutuhkan manajemen.

Adapun perencanaan yang baik terdiri dari unsur-unsur pertanyaan 5W 1H yaitu what, where, when, why, who, dan how.

Pepatah menyebutkan bahwa awalilah setiap kegiatan dengan perencanaan yang baik karena gagal dalam merencanakan sama dengan merencanakan kegagalan.

Oleh karena itu untuk mencapai keberhasilan dibutuhkan sebuah perencanaan yang matang, apabila kamu menyusun sebuah rencana yang gagal maka sama saja kamu merencanakan kegagalan.

2. Pengorganisasian

Fungsi selanjutnya adalah pengorganisasian, jadi manajemen ini berperan dalam membagi tugas setiap kelompok atau individu yang ada pada sebuah perusahaan atau organisasi.

Hal ini berkaitan dalam mencapai tujuan yang diinginkan, jadi dalam menggapainya diperlukan masing-masing individu yang bertanggung jawab terhadap tugas yang telah dibagikan.

3. Pengarahan

Setelah pengorganisasian, fungsi atau peran manajemen selanjutnya adalah untuk mengarahkan ke bidang atau tugas yang akan dihadapi.

Hal ini dapat berfungsi juga untuk meminimalisir adanya risiko atau hambatan terhadap perencanaan yang sudah disusun.

4. Pengawasan serta Evaluasi

Fungsi manajemen yang terakhir yaitu sebagai pengawasan dan evaluasi. Pengawasan bertujuan agar pekerjaan yang dilakukan masing-masing individu sesuai dengan tugas dan peran yang diberikan agar tujuan yang dicapai berjalan efektif.

Sedangkan evaluasi di sini bertujuan untuk mengontrol kemajuan yang diperoleh dari rencana yang telah disusun dan menimbang hal apa saja yang patut diperbaiki.

Unsur-Unsur Manajemen

Terdapat beberapa unsur manajemen yang harus diperhatikan supaya kinerja perusahaan berjalan lebih efektif. Setiap unsur tersebut saling melengkapi dan setara. 6 unsur pada kegiatan manajemen adalah sebagai berikut:

1. Manusia

Manusia atau sumber daya manusia berperan sebagai pembuat rencana dan menentukan tujuan. Fungsi manajemen tentu tidak akan berjalan tanpa adanya manusia.

2. Material

Material merupakan hal penting dalam proses produksi dan kualitas produk yang dihasilkan. Unsur manajemen ini sangat diperlukan karena berkaitan dengan hasil yang akan diraih.

3. Mesin

Selanjutnya ada mesin yang akan membantu pekerjaan agar berjalan lebih efektif. Kehadiran mesin sering kali menjadi game changer dalam sebuah usaha.

4. Metode

Metode merupakan hal yang menghubungkan manusia dengan unsur manajemen lainnya. Pemilihan metode yang tepat jelas meningkatkan kualitas manajemen dan ujungnya akan bisa memenuhi target yang telah ditetapkan.

5. Uang

Uang menjadi unsur manajemen karena bisa menggerakkan unsur lainnya. Tanpa adanya uang, manajemen kemungkinan besar akan berhenti beroperasi dan tidak memenuhi target yang diharapkan.

6. Pasar

Pasar adalah unsur manajemen yang krusial bagi suatu bisnis. Unsur manajemen ini perlu dikelola dengan baik agar dapat memberi keuntungan lebih bagi perusahaan.

Jenis Keilmuan Manajemen

Cabang keilmuan manajemen cukup bervariasi karena dilakukan di hampir semua bidang. Beberapa jenis keilmuan manajemen ada di bidang administrasi, strategi, pemasaran, organisasi, waktu, sumber daya manusia, produksi, risiko, dan lain-lain.

Bahkan kegiatan sederhana seperti berkegiatan di rumah pun tak lepas dari penerapan ilmu manajemen. Jadi, setiap orang pasti menggunakan ilmu manajemen dalam hidupnya.

Manajemen dalam Kehidupan Sehari-hari

Setiap kegiatan yang kita perbuat menerapkan ilmu manajemen. Contoh paling mudah bisa dilihat dari cara mengatur keuangan. Mengusahakan agar pemasukan dan pengeluaran seimbang agar tidak membebani keuangan.

Mengatur waktu juga tak lepas dari peran ilmu manajemen di kehidupan sehari-hari. Kita semua diberikan waktu 24 jam dalam sehari. Kamu pasti mengalokasikannya untuk bekerja, tidur, dan acara-acara lainnya.

Itulah pengertian manajemen dari berbagai referensi beserta peran, fungsi, unsur-unsur, jenis-jenis manajemen, serta penerapannya pada individu maupun organisasi.

Kini dengan mengetahui pengertian maupun peranannya pada sebuah perusahaan, agar tujuan dapat tercapai sesuai target dibutuhkan manajemen yang baik.


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah. Pada tahun 2019, dia menyelesaikan program studi D-3 Manajemen Informatika.
Logo SemutAspal