SemutAspal

Sistem Ekskresi, Sekresi, dan Defekasi

Sistem ekskresi
Sistem ekskresi

1. Sistem Ekskresi

Apa yang dimaksud dengan sistem ekskresi?

Pengertian ekskresi adalah proses pengeluaran zat sisa metabolisme dalam tubuh baik berupa zat cair dan zat gas yang sudah tidak bermanfaat bagi tubuh. Jadi, sistem ekskresi adalah sistem yang melakukan proses tersebut.

Jika sistem ekskresi yang ini tidak berjalan lancar maka bisa mengakibatkan rusaknya tubuh. Organ-organ yang tergabung dalam sistem ekskresi terdiri atas:

  • Ginjal yang memproduksi urine
  • Kulit yang memproduksi keringat
  • Paru-paru yang memproduksi karbondioksida + uap air (H2O)
  • Hati yang memproduksi empedu

Fungsi sistem ekskresi pada manusia adalah seperti itu. Kulit berfungsi sebagai alat ekskresi karena adanya kelenjar keringat (sudorifera) yang terletak di lapisan dermis.

Paru-paru selain menjadi bagian dari sistem pernapasan ternyata juga menjadi bagian dari sistem ekskresi pada manusia.

Bisa dibayangkan apabila salah satu organ tersebut bermasalah, kita akan dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan penanganan medis yang sesuai.

2. Sistem Sekresi

Apa yang dimaksud dengan sekresi?

Pengertian sekresi adalah mekanisme di mana kelenjar-kelenjar dalam tubuh memproduksi zat yang diperlukan oleh tubuh.

Zat yang dihasilkan berupa lendir (enzim dan/atau hormon oleh sel dan kelenjar). Tubuh manusia memiliki 2 tipe kelenjar, yakni kelenjar endokrin dan eksokrin.

Kelenjar eksokrin adalah kelenjar yang memiliki saluran untuk melepaskan berbagai senyawa cair dan semi cair bukan hormon atau jenis sinyal kimia lainnya. Contoh sekresi kelenjar eksokrin antara lain kelenjar saliva, kelenjar keringat, dan kelenjar susu.

Kelenjar endokrin merupakan kelenjar yang memroduksi hormon dan sinyal kimia melalui aliran darah kemudian dibawa ke organ yang memerlukan.

Contoh sekresi kelenjar endokrin adalah kelenjar ovarium, kelenjar tyroid, pankreas, kelenjar testis, dan kelenjar adrenal. Proses menstruasi pada wanita dipengaruhi oleh bermacam hormon yang disekresikan kelenjar dalam tubuh.

3. Sistem Defekasi

Apa itu defekasi?

Pengertian defekasi adalah proses mengeluarkan sisa pencernaan berupa feses melalui anus. Tidak perlu susah memikirkan contohnya. Bahasa mudahnya, ini adalah bahasa ilmiah untuk proses yang biasa kita sebut dengan BAB (Buang Air Besar).

Kita sama-sama tau kalau permasalahan satu ini bisa membuat kita tidak nyaman di keramaian. Betul?

Baik ekskresi, sekresi, maupun defekasi, semuanya terjadi di dalam satu sistem yang diciptakan oleh Yang Maha Kuasa.


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah. Pada tahun 2019, dia menyelesaikan program studi D-3 Manajemen Informatika.
Logo SemutAspal