Profil & Informasi tentang Negara Timor Leste [Lengkap]

Profil biodata negara Timor Leste

Informasi mengenai Timor Leste.

NamaTimor Leste
Nama resmiRepúblika Demokrátika Timór-Leste (Tetun)
República Democrática de Timor-Leste (Portugis)
Ibu kotaDili
SemboyanUnidade, Acção e Progresso
Portugis: "Persatuan, Tindakan, dan Kemajuan"
Lagu kebangsaanPátria
Bentuk PemerintahanRepublik
Sistem PemerintahanRepublik semi-presidensial
KemerdekaanDideklarasikan: 28 November 1975
Dipulihkan: 20 Mei 2002
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifParlamento Nacional
Bahasa NasionalTetun dan Portugis
AgamaKatolik
Protestan
Islam
Buddha
Hindu
Aliran kepercayaan
Mata UangDolar Amerika Serikat ($) (USD)
Zona WaktuWaktu Timor Leste (TLT) (UTC+9)
Kode Telepon+670
Domain.tl
Daftar Situs Resmi Pemerintahanhttp://timor-leste.gov.tl/?lang=en
Jumlah Penduduk1.383.723 (estimasi Juli 2020)

Republik Demokratik Timor Leste (Timor Lorosa’e) adalah sebuah republik berdaulat di sebelah utara Australia dan bagian timur pulau Timor.

Timor Leste dulunya dianeksasi dan menjadi provinsi ke-27 Indonesia dengan nama provinsi Timor Timur.

Selain itu, negara ini juga berdaulat di Pulau Kambing atau Atauro, Jaco, dan enklave Oecussi-Ambeno di Timor bagian Barat.

Secara astronomis, Timor Leste terletak antara 8°LS hingga 10°LS dan 124°BT hingga 128°BT.

Batas-batas wilayah Timor Leste:

Letak Timor Leste
Letak Timor Leste

Selat Ombai, Selat Wetar, dan Laut Banda memisahkan Timor Leste dengan Indonesia di sebelah utara dan Laut Timor memisahkan negara itu dengan Australia di sebelah selatan.

Timor Leste memiliki bendera nasional dengan tampilan seperti berikut.

Bendera identitas negara Timor Leste
Bendera Timor Leste

Geografi

Luas wilayah negara ini, termasuk enklave yang ada di bagian barat pulau Timor yang merupakan wilayah Indonesia (Nusa Tenggara Timur), adalah 15,410 km².

Di wilayah timur Timor Leste, terbentang Pegunungan Paitchau dan Danau Danau Danau Lalaro, terletak kawasan konservasi pertama negara itu yang bernama Taman Nasional Nino Konis Santana.

Taman nasional tersebut merupakan kawasan hutan kering tropis terakhir yang tersisa di Timor Leste. Di kawasan konservasi tersebut hidup sejumlah spesies tumbuhan dan hewan yang unik serta langka.

Peta pembagian wilayah administratif Timor Leste
Distrik di Timor Leste

Pembagian Administratif

Timor Leste secara administratif terdiri dari 13 distrik.

  • Aileu,
  • Ainaro,
  • Baucau,
  • Bobonaro,
  • Cova-Lima,
  • Dili,
  • Ermera,
  • Lautem,
  • Liquica,
  • Manatuto,
  • Manufahi,
  • Oecussi-Ambeno,
  • Viqueque.
Lambang negara Timor Leste
Lambang negara Timor Leste

Demografi

Pada tahun 2005, Timor Leste dihuni oleh sekitar 1.040.880 jiwa. Penduduk Timor Leste merupakan perpaduan antara suku-suku bangsa Melayu dan Afrika, dengan sebagian kecil keturunan Portugis.

Suku bangsa mayoritas di Timor Leste kebanyakan berasal dari Papua, termasuk suku Bunak di pedalaman bagian tengah pulau Timor, suku Fataluku di ujung timur pulau, dan suku Makasae.

Sebagai hasil perkawinan antar ras yang umum terjadi pada era Portugis, ada sekelompok populasi yang disebut Portugis mujia.

Portugis mujia merupakan ras campuran orang Timor Leste dan Portugis. Ada minoritas kecil Tionghoa, kebanyakan merupakan orang-orang Hakka.

Tari tradisional Timor Leste
Tari tradisional Timor Leste

Timor Leste telah menyatakan niatnya secara resmi untuk menjadi anggota kesebelas Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) pada tahun 2011.

Timor Leste adalah satu dari dua negara di Asia Tenggara yang mayoritas rakyatnya memeluk kekristenan. Satu negara lain adalah Filipina.

Demografi di Timor Leste
Demografi Timor Leste

Mayoritas penduduk Timor Leste menyatakan diri sebagai seorang Katolik (93%), diikuti Protestan (3%), Islam (1%), Buddha dan Hindu (1%, masing-masing 0,5%), dan sisanya aliran kepercayaan (2%).

Karena mayoritas penduduk Timor Leste beragama Katolik maka terdapat tiga keuskupan (diosis) yaitu Diosis Baucau, Diosis Dili, dan Diosis Maliana. Diosis Maliana baru didirikan pada tanggal 30 Januari 2010 oleh Paus Benediktus XVI.

Persebaran bahasa di Timor Leste
Peta persebaran bahasa di Timor Leste

Bahasa

Berdasarkan konstitusi Timor Leste, negara ini memakai 2 bahasa resmi dalam pemerintahan yaitu Bahasa Tetun dan Bahasa Portugis. Selain itu, konstitusi menyebutkan pula bahwa Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia dijadikan bahasa kerja.

Dalam kesehariannya, masyarakat negara ini banyak menggunakan bahasa Tetun Portugis. Sementara itu, bahasa Indonesia banyak dipakai dalam kepenulisan.

Ujian akhir di tingkat SMA masih menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa tulisnya. Banyak mahasiswa dan dosen lebih memilih dan menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dan bahasa tulis karangan ilmiah.

Selain itu terdapat pula belasan bahasa daerah yang eksis di Timor Leste yaitu Bekais, Bunak, Dawan, Fataluku, Galoli, Idalaka, Habun, Kawaimina, Kemak, Lovaia, Tokodede, Makalero, Makasai, Mambai, dan Wetarese.