SemutAspal

Pengertian Algoritma & Contoh dalam Kehidupan

Apakah yang dimaksud dengan algoritma?
Apakah yang dimaksud dengan algoritma?

Algoritma erat kaitannya dengan langkah-langkah dalam melakukan pekerjaan. Algoritme tidak selalu identik dengan angka. Jika kamu baru pertama mendengar istilah algoritma, mungkin kamu bertanya, “Sebenarnya, apa itu algoritma?”

Pengertian Algoritma

Apa yang dimaksud algoritma? Seperti yang sudah disampaikan di awal, definisi algoritma adalah langkah-langkah penyelesaian masalah secara sistematis dan logis.

Jika bertanya pada Wikipedia, “Apa arti dari algoritma?” maka pengertian algoritma adalah prosedur langkah demi langkah untuk penghitungan. Algoritme digunakan untuk penghitungan, pemrosesan data, serta penalaran otomatis.

Pengertian Algoritma menurut Para Ahli

Beberapa ahli sudah menyatakan pengertian dari algoritma. Berikut ini dijelaskan beberapa pengertian algoritme dari beberapa ahli.

1. Abu Ja’far Mohammed Ibn Musa al-Khowarizmi

Algoritma berasal dari kata algoris dan ritmis. Istilah algoritma diperkenalkan oleh Abu Ja’far Mohammed Ibn Musa al-Khowarizmi, ilmuwan Persia (kini Iran) yang menulis buku “Al Jabr W’Al-Muqabala” (Rules of Restoration and Reduction) pada tahun 825 Masehi.

Abu Ja’far Muhammad Ibn Musa Al Khwarizmi menyatakan, pengertian algoritme adalah cara atau metode khusus yang dapat digunakan untuk menyelesaikan satu atau beberapa masalah.

2. Sismoro

Menurut Sismoro, pengertian algoritme adalah sekumpulan instruksi atau langkah-langkah yang dituliskan secara sistematis dan digunakan untuk menyelesaikan suatu persoalan atau permasalahan matematika dan logika dengan bantuan komputer.

3. Marvin Minsky

Marvin Minsky adalah seorang ahli Artificial Intelligence (AI). Ia berpendapat bahwa algoritme adalah suatu perangkat berbentuk aturan yang dapat menginformasikan kepada kita dari waktu ke waktu, dan informasi yang diberikan merupakan bagaimana cara untuk bertindak.

Pendapat yang diungkapkan oleh Marvin Minsky sudah bisa kita rasakan ketika menggunakan perangkat pengingat, seperti smart watch.

4. Donald Ervin Knuth

Donald Ervin Knuth mengatakan bahwa algoritme merupakan kumpulan aturan yang berhingga dan bisa memberikan serangkaian operasi untuk memecahkan suatu permasalahan yang sedang terjadi

5. Kani

Menurut Kani, algoritme adalah usaha dengan urutan operasi yang disusun secara sistematis dan logis serta dapat dimanfaatkan untuk menyelesaikan permasalahan demi menciptakan suatu output tertentu.

6. Seymour Lipschutz dan Marc Lipson

Seymour Lipschutz dan Marc Lipson menyatakan bahwa algoritme adalah daftar berisi langkah demi langkah terhingga dari berbagai macam perintah yang sudah dijelaskan supaya bisa digunakan untuk menyelesaikan atau memecahkan suatu permasalahan yang ada.

7. S. E. Goodman dan S.T. Hedetniemi

Menurut S. E. Goodman dan S.T. Hedetniemi, algoritme adalah urutan atau susunan yang sifatnya terbatas dari berbagai operasi yang sudah bisa dijelaskan, setiap operasi membutuhkan waktu dan memori yang terbatas untuk memecahkan suatu permasalahan tertentu.

Ciri-Ciri

Segala macam metode pasti memiliki ciri-ciri termasuk algoritme. Apa saja ciri ciri algoritma menurut Donald E. Knuth? Berikut adalah ciri tersebut.

  1. Ada Input
    Harus ada Input bisa diartikan sebagai setiap masalah yang dihadapi harus dicarikan solusi agar dapat diselesaikan. Minimal terdiri dari nilai 0.
  2. Ada Output
    Harus ada output bisa dikatakan sebagai solusi atas permasalahan. Minimal harus ada 1 output.
  3. Ada Proses
    Harus melalui proses untuk menyelesaikan masalah atau mencapai tujuan akhir.
  4. Instruksi Jelas
    Proses akan berjalan selama memiliki instruksi yang jelas.
  5. Ada Tujuan
    Proses harus memiliki tujuan akhir. Dengan adanya tujuan akhir, proses akan berhenti setelah mencapai tujuan akhir.

Manfaat Algoritma

Penggunaan algoritme memiliki beberapa manfaat dalam hidup yaitu:

  1. Menyelesaikan masalah yang terjadi dengan langkah-langkah sistematis dan logis
  2. Membantu mengubah program yang rumit menjadi lebih sederhana
  3. Memudahkan proses pengembangan aplikasi
  4. Mengurangi peluang terjadinya kesalahan ketika penulisan program
  5. Membantu menemukan kesalahan dalam suatu langkah kerja
  6. Mendokumentasikan beberapa hal yang sedang dikerjakan

Beberapa manfaat di atas, bisa kamu jadikan sebagai alasan untuk kamu mempelajarinya lebih dalam ketika belajar programming. Dengan mempelajarinya lebih dalam, kamu akan merasakan lebih banyak manfaat dari algoritma.

Jenis

Algoritme dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu sekuensial, perulangan, dan percabangan. Ketiga jenis tersebut merupakan elemen pembentuk dari algoritme itu sendiri.

1. Algoritma Sekuensial

Algoritma sekuensial adalah instruksi yang tersusun secara sistematis untuk memberikan arahan yang secara khusus. Pada jenis ini, setiap instruksi yang berupa tahapan-tahapan dijelaskan secara urut.

2. Algoritma Perulangan

Beberapa masalah terjadi berulang-ulang yang biasanya dapat diselesaikan dengan algoritme perulangan. Looping algorithm digunakan untuk mengulang beberapa perintah sehingga bisa mengoperasikan beberapa tahapan secara berulang-ulang.

3. Algoritma Percabangan

Jenis algoritme ini digunakan untuk memilih salah satu perintah dari beberapa perintah sesuai dengan syarat yang telah dipenuhi. Oleh sebab itu, jenis ini juga dikenal dengan istilah algoritme bersyarat.

Algoritma yang Baik

Jika kamu ingin belajar bahasa pemrograman, biasanya, kamu harus memahami algoritme karena dengan mempelajarinya, kamu akan belajar memahami logika komputer yang tidak bisa melompat-lompat.

Ada syarat-syarat sebuah algoritme dikatakan baik. Menentukan pilihan algoritme yang baik membutuhkan beberapa pertimbangan yaitu:

  • Prosesnya dapat diselesaikan secepat mungkin dengan frekuensi perhitungan yang sependek mungkin. Dengan kata lain, tidak boros sumber daya.
  • Harus dengan bisa diimplementasikan ke perangkat komputer.
  • Harus mudah dipahami oleh semua orang agar mudah dikelola.
  • Memiliki akurasi yang tinggi.
  • Semakin umum maka semakin baik.
  • Memiliki langkah-langkah yang jelas dan detail. Setiap proses tepat dan lengkap, tidak tanggung-tanggung, penuh kejelasan, serta penuh kepastian.
  • Harus bisa dikembangkan menjadi lebih baik.

Contoh Algoritma Sederhana

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan algoritma, satu contoh tentang penerapannya dalam pemrograman yang bisa saya berikan adalah menentukan sebuah bilangan genap atau ganjil. Ada bilangan bulat, terdapat juga bilangan asli. Kedua bilangan itu sering dipakai untuk menghitung.

Himpunan bilangan bulat pada banyak buku dinyatakan memakai simbol “Z”. Sedangkan, himpunan bilangan asli ditulis dengan simbol “N”. Algoritme guna menentukan suatu bilangan genap atau ganjil bisa disajikan melalu flowchart seperti di bawah ini.

Pengertian dan contoh algoritma sederhana
Contoh algoritme sederhana yang ditampilkan dengan flowchart

Bilangan genap adalah bilangan bulat yang habis dibagi 2. Bilangan ganjil adalah bilangan bulat yang tidak habis dibagi 2.

Pseudocode yang digunakan pada penulisan algoritme berupa sembarang bahasa namun harus terstruktur. Jadi, pseudocode adalah sebuah kode untuk menulis sebuah algoritme pemrograman dengan bebas tanpa terikat bahasa pemrograman tertentu.

Itulah pengertian algortima beserta contohnya secara sederhana. Semoga maksud algoritme yang benar kamu pahami sekarang.

Baca juga artikel lain yang menarik di SemutAspal:


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah. Pada tahun 2019, dia menyelesaikan program studi D-3 Manajemen Informatika.
Logo SemutAspal