Jenis-Jenis Dataran di Dunia

Jenis-Jenis Dataran di Dunia

Dataran Rendah dan Dataran Tinggi

Dataran rendah adalah hamparan tanah rendah yang luas.

Daratan rendah memiliki tingkat ketinggian yang diukur dari permukaan laut adalah relatif rendah (0 hingga 200 mdpl).

Istilah ini diterapkan pada kawasan manapun dengan hamparan yang luas dan relatif datar yang berlawanan dengan daratan tinggi.

Suhu udara di daratan rendah, khususnya untuk wilayah Indonesia berkisar antara 23 derajat Celsius hingga 28 derajat Celsius sepanjang tahun.

Dataran tinggi (disebut juga plateau atau plato) adalah daratan yang terletak pada ketinggian di atas 700 mdpl.

Daratan tinggi terbentuk sebagai hasil erosi dan sedimentasi.

Beberapa daratan tinggi antara lain Dataran Tinggi Dekkan, Dataran Tinggi Gayo, Dataran Tinggi Dieng, Dataran Tinggi Malang, dan Dataran Tinggi Alas.

Daratan tinggi bisa juga terjadi oleh bekas kaldera luas, yang tertimbun material dari lereng gunung sekitarnya.

Dataran tinggi dari kategori ini antara lain adalah Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah.

Gunung, Pegunungan, dan Bukit

Menarik untuk melihat gunung-gunung tinggi di Indonesia.

Gunung adalah sebuah wilayah yang tampak lebih menonjol ke atas daripada wilayah sekitarnya. Sebuah gunung biasanya lebih tinggi dan curam dari sebuah bukit, tetapi ada kesamaaan, dan penggunaan sering tergantung dari adat lokal.

Banyak badan mendefinisikan bahwa suatu tempat bisa disebut gunung apabila memiliki puncak lebih dari besaran tertentu; misalnya, Encyclopædia Britannica membutuhkan ketinggian 2000 kaki (610 m) agar bisa didefinisikan sebagai gunung. Sebuah gunung biasanya terbentuk dari gerakan tektonik lempeng, gerakan orogenik, atau gerakan epeirogenik.

Pegunungan merupakan kumpulan atau barisan gunung.

Wilayah bentang alam yang dikelilingi oleh pegunungan atau perbukitan yang luasnya beberapa kilometer hingga ribuan kilometer persegi disebut lembah.

Lembah dapat terbentuk dari beberapa proses geologis. Lembah gletser yang pada umumnya berbentuk-U terbentuk puluhan ribu tahun lalu akibat erosi gletser. Selain berbentuk-U, lembah juga dapat berbentuk-V.

Bukit adalah bentang alam yang tampak menonjol jika dilihat dari tempat sekitarnya namun relatif lebih rendah dibandingkan dengan gunung.

Perbukitan adalah rangkaian bukit yang berjajar di suatu daerah yang cukup luas. Dalam Bahasa Melayu, bukit juga dapat berarti gunung.

John Crawfurd dalam bukunya yang berjudul A Descriptive Dictionary of the Indian Islands and Adjacent Countries (1856) menulis bahwa bukit dalam bahasa Melayu dalam definisinya sama dengan gunung dalam bahasa Jawa, yaitu daratan yang tinggi.

Contohnya bisa dilihat dari penamaan pegunungan yang berjejer di Pulau Sumatera, Bukit Barisan.

Kuala atau delta sungai adalah endapan yang terletak di muara sungai yang bersinggungan langsung dengan lautan terbuka melalui pantai, atau dengan danau, sebagai akibat berkurangnya laju aliran air.

Beberapa Fakta Menarik

Ada sebutan “Negara-negara Dataran Rendah” yang merujuk pada sebuah wilayah pesisir barat Eropa yang terdiri dari wilayah Belanda, Belgia, serta wilayah delta sungai Rhine, Meuse, Scheldt, dan Ems. Ketinggian tempat-tempat ini adalah tepat sejajar dengan permukaan laut dan beberapa bahkan di bawah permukaan laut.

Daerah ini membentang dari Gravelines dan Dunkirk Prancis di barat daya, wilayah Frisia Timur Jerman dan Delfzijl Belanda di timur laut, dan Thionville Prancis dan Luksemburg di tenggara.

Kebanyakan negara-negara tersebut memiliki wilayah pantai yang berbatasan dengan Laut Utara atau Selat Inggris.