SemutAspal

Kalimat Utama: Pengertian, Ciri-ciri, dan Contoh

Kalimat utama
Kalimat utama

Kamu pasti pernah diberi tugas untuk mencari kalimat pokok dalam sebuah paragraf. Namun terkadang kamu merasa kebingungan apa yang dimaksud dengan kalimat utama. Nah, agar bisa menemukan kalimat pokok, kamu harus tahu apa pengertian kalimat utama terlebih dahulu.

Agar kamu semakin paham tentang kalimat pokok, simak penjelasan berikut ini.

Pengertian

Apakah yang dimaksud kalimat utama? Jelaskan tentang kalimat utama!

Jika melihat dari kata penyusunnya, kalimat ini merupakan kalimat penggalan dari semua isi paragraf atau inti dari paragraf yang memuat semua informasi. Pengertian kalimat utama adalah kalimat yang berisi ide pokok, gagasan utama, pokok pikiran, atau pikiran utama dari sebuah paragraf atau tulisan.

Sebuah paragraf biasanya hanya mengandung satu kalimat pokok. Karena jumlahnya hanya satu, maka kalimat tersebut harus sudah memuat semua isi dari bahasan dalam sebuah paragraf. Jadi, kalimat utama memuat informasi yang merupakan gagasan pokok.

Bagi penulis, jenis kalimat ini mempermudah hal apa yang selanjutnya akan dibahas ketika sudah menulis kalimat utama. Sedangkan bagi pembaca, kalimat ini memberikan gambaran besar mengenai apa yang sedang dibahas dalam keseluruhan paragraf.

Keberadaan kalimat ini sangat penting agar sebuah paragraf bisa menjadi sebuah paragraf yang sempurna. Selain itu, jenis kalimat ini juga sebagai landasan pembahasan dalam sebuah paragraf, agar kalimat penjelasan yang muncul berikutnya tidak memuat informasi yang rancu dan membingungkan.

Ciri-Ciri Kalimat Utama

Berikut ini adalah ciri-ciri yang harus diperhatikan dan dipahami agar kamu lebih mudah menemukannya di dalam sebuah paragraf.

1. Berdiri Sendiri

Sebuah kalimat bisa dikatakan kalimat pokok ketika kalimat tersebut menyatakan informasi yang dapat dikaitkan dengan kalimat sebelumnya atau sesudahnya. Dan ketika dibaca secara terpisah, kalimat pokok bisa dipahami tanpa harus bergantung dengan kalimat lain.

Ciri-ciri kalimat utama yang mampu berdiri sendiri berarti kalimat tersebut tidak menggunakan kata konjungsi, contohnya seperti: ini, itu, tersebut, sementara itu, selain itu, hal ini, di samping itu, dan masih banyak lagi.

2. Bersifat Umum

Kalimat harus berisi mengenai informasi atau permasalahan yang bersifat umum dan dapat dijabarkan secara rinci oleh kalimat berikutnya. Maka, kalimat pokok tidak bisa berisi contoh, data, fakta, uraian, atau opini yang memuat informasi detail terhadap suatu permasalahan tertentu.

3. Memuat Ide atau Inti Permasalahan

Sesuai dengan pengertian dari kalimat utama, kalimat ini memuat ide pokok, atau gagasan utama suatu permasalahan. Nantinya kalimat pokok bisa dikembangkan oleh kalimat yang berisi penjelasan rinci dari ide pokok yang sudah disampaikan.

Jenis Paragraf berdasarkan Letaknya

1. Paragraf Deduktif

Paragraf jenis ini memiliki kalimat pokok yang letaknya ada di awal. Pola ini menjelaskan hal-hal yang bersifat umum menuju hal-hal yang bersifat khusus, yaitu awal paragraf berupa kalimat pokok, kemudian disusul kalimat berikutnya berisi penjelasan tentang informasi yang lebih rinci.

2. Paragraf Induktif

Paragraf ini memiliki kalimat pokok di akhir paragraf, polanya berkebalikan dengan paragraf deduktif, yaitu hal yang bersifat khusus menuju hal yang bersifat umum. Paragraf induktif terbagi menjadi tiga pola menurut perkembangannya yang bervariasi, yaitu pola sebab akibat, pola generalisasi, dan pola analogi.

3. Paragraf Campuran

Paragraf campuran merupakan campuran dari paragraf deduktif dan induktif, sehingga paragraf ini memuat informasi dari umum menuju khusus dan menuju umum kembali.

Contoh Kalimat Utama

Menghirup asap rokok berbahaya bagi kesehatan. Asap rokok bisa menyebabkan kanker, penyakit jantung, gangguan pernapasan, dan berbahaya bagi ibu hamil. Jika penyakit tersebut sudah parah, bisa menyebabkan kematian.

Kalimat utamanya yaitu Menghirup asap rokok berbahaya bagi kesehatan. Sedangkan dua kalimat berikutnya merupakan kalimat penjelas.

Itu dia sekilas tentang kalimat pokok. Setelah kamu paham apa pengertian kalimat utama beserta ciri dan contohnya, diharapkan kamu bisa lebih mudah mengidentifikasi kalimat pokok dalam sebuah paragraf. Buka artikel pengertian kalimat untuk penjelasan lebih kalimat.


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah. Pada tahun 2019, dia menyelesaikan program studi D-3 Manajemen Informatika.
Logo SemutAspal