Pengertian dan Jenis Aktiva Lancar dalam Akuntansi

Dalam bisnis, tentu tidak lepas dari pencatatan keuangan. Ini penting untuk memantau perkembangan usaha yang ada. Salah satu istilah yang kerap didengar adalah aktiva lancar. Ini adalah jenis aktiva yang ada selain aktiva tetap.

Pengertian aktiva lancar

Pengertian Aktiva Lancar

Apa itu aktiva lancar? Aset lancar, current assets, atau aktiva lancar adalah jenis aktiva milik perusahaan yang diharapkan dapat dicairkan atau diuangkan dalam jangka waktu tidak lebih dari 1 tahun atau 1 siklus ekonomi.

Manfaat

Aktiva lancar sebagai salah satu bentuk aset yang likuid memiliki peran yang sangat vital bagi proses produksi perusahaan. Itu dapat digunakan untuk membayar berbagai biaya yang muncul, termasuk membayar gaji karyawan, membeli bahan baku, membayar utang dan sewa gedung.

Aset lancar biasanya akan cepat habis untuk keperluan yang bersifat rutin maupun insidental. Meski demikian, aktiva ini akan kembali terisi oleh hasil penjualan yang telah dibayarkan. Hal tersebut membuat pergerakan aktiva lancar bersifat dinamis.

Jadi, perusahaan yang tidak memiliki dana tunai atau berbentuk aset lancar akan sulit menjalankan operasionalnya.

Jenis-Jenis Aktiva Lancar

Berikut adalah beberapa contoh aset lancar. Macam-macam aktiva lancar di bawah ini mungkin dimiliki oleh sebuah perusahaan.

Artikel Terkait

Tidak ditemukan

  • Kas (cash) merupakan uang berbentuk tunai yang dimiliki perusahaan. Kas biasanya dipakai untuk membiayai operasional perusahaan. Meskipun tidak terlihat secara fisik alias tersimpan di bank, itu tetap disebut aset lancar.
  • Surat berharga itu termasuk kepemilikan saham atau obligasi perusahaan lain yang bersifat sementara dan sewaktu-waktu dapat dijual untuk mendapat uang tunai.
  • Piutang dagang adalah tagihan dari perusahaan kepada pihak lain (debitur) yang disebabkan karena melakukan transaksi penjualan barang.
  • Piutang wesel adalah surat perintah penagihan pada pihak lain agar melakukan pembayaran dengan sejumlah uang di tanggal yang telah ditentukan sebelumnya. Orang yang namanya sudah disebut di dalam surat adalah yang bertanggung jawab.
  • Piutang pendapatan adalah pendapatan yang telah menjadi hak namun belum diterima pembayarannya karena berbagai sebab.
  • Beban dibayar di muka adalah bagian dari aktiva lancar. Pembayaran beban yang dilakukan di awal, meski belum menjadi kewajiban pada periode yang bersangkutan.
  • Perlengkapan bisa membantu kelancaran bisnis dan bersifat habis pakai.
  • Persediaan barang dagang adalah barang yang dibeli dengan tujuan untuk dijual kembali dan menghasilkan laba.
  • Wesel tagih (notes receivable) adalah surat perintah penagihan entitas bisnis ke pihak lain yang tertera dalam surat.
  • Piutang penghasilan adalah sebuah hak perusahaan yang belum diterima pembayarannya meski telah memberikan jasa.
  • Sewa dibayar di muka merupakan pengeluaran yang dilakukan untuk memperoleh pelayanan jasa atau tempat dari pihak lain.

Itulah beberapa aset yang termasuk aktiva lancar perusahaan.


Subscribe
Notify of
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar