Contoh Makalah Singkat yang Benar untuk Referensi

Contoh makalah singkat yang benar
Contoh makalah singkat

Makalah adalah karya ilmiah yang dibuat untuk menyampaikan suatu permasalahan secara mendalam. Menurut W.J.S Poerwadarminta (1994), makalah adalah uraian tertulis yang dikemukakan untuk mendapatkan pembahasan yang lebih lanjut.

Karya tulis ini dibuat secara terstruktur yang diawali dengan penjelasan latar belakang dan diakhiri kesimpulan. Tentang isinya, makalah bisa dikemas dengan isi yang singkat.

Berikut adalah contoh makalah yang benar dan bisa kamu jadikan referensi ketika membuat karya tulismu sendiri.

Contoh Makalah Singkat yang Baik dan Benar

Dalam bahasa Indonesia, cara membuat makalah bisa dilakukan dengan mengembangkan struktur yang telah dibuat. Struktur tersebut setidaknya meliputi 3 bagian utama yaitu pendahuluan, isi, dan penutup.

1. Makalah Singkat tentang Pendidikan

Mari kita masuk ke contoh makalah singkat yang pertama.

Contoh cover makalah yang benar
Contoh cover makalah yang benar

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah S.W.T. yang sudah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga bisa menyusun tugas Bahasa Indonesia ini dengan baik. Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa “Pendidikan Karakter” sejak dini sangat berarti untuk anak bangsa.

Makalah ini kami buat sebagai ringkasan tentang peran pendidikan karakter untuk kemajuan bangsa. Mudah-mudahan makalah yang kami buat ini bisa menolong menaikkan pengetahuan kami jadi lebih luas lagi. Kami menyadari kalau masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini.

Oleh sebab itu, kritik serta anjuran yang bersifat membangun sangat kami harapkan untuk menyempurnakan makalah ini. Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, serta kepada pihak lain yang sudah menolong dalam penyelesaian makalah ini. Atas perhatian serta waktunya, kami sampaikan terima kasih.

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Indonesia membutuhkan sumber daya manusia dalam jumlah serta kualitas mumpuni sebagai pendukung utama pembangunan. Pendidikan berperan penting untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Ini sesuai dengan UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3.

“Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.”

Berangkat dari hal tersebut, sekolah di setiap jenjang pendidikan wajib menyelenggarakan pembelajaran yang sistematis agar tujuan dapat tercapai. Perihal itu tentu berkaitan dengan pembentukan karakter peserta didik agar sanggup bersaing, beretika, bermoral, dan sopan santu dalam masyarakat.

1.2 Rumusan Masalah

Permasalahan yang penulis angkat dalam makalah ini antara lain sebagai berikut:

  • Apa yang dimaksud dengan pendidikan karakter?
  • Apa perbedaan kepribadian dan karakter?
  • Bagaimana contoh program pendidikan karakter?

1.3 Tujuan Masalah

Bersumber pada rumusan permasalahan yang disusun oleh penulis di atas, hingga tujuan dalam penyusunan makalah ini merupakan bagaikan berikut:

  • Mengetahui pengertian pendidikan karakter.
  • Mengetahui perbedaan kepribadian dan karakter.
  • Mendapatkan contoh program pendidikan karakter.

BAB II PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Pendidikan Karakter

Menurut Prof. H. Pramula Mahrus Razzan, Lc, M.Sc, M.Th, Ph.D, pendidikan karakter adalah suatu ilmu pengetahuan yang berfungsi memperbaiki karakter manusia yang perlu ditanamkan sejak dini guna mencetak generasi berakhlak dan bermoral Pancasila yang masih dalam lingkup Revolusi Mental.

2.2 Perbedaan Karakter dan Kepribadian

Kepribadian merupakan anugerah dari Tuhan ketika manusia dilahirkan. Setidaknya ada 4 golongan kepribadian seseorang yaitu koleris, sanguinis, phlegmatis, dan melankolis.

2.3 Contoh Program Pendidikan Karakter

  • Lingkungan Sekolah

Adanya program pendidikan karakter di sekolah diharapkan akan membuat para siswa lebih berkarakter. Program ini membekali guru pengetahuan tentang psikologi siswa, metode mendidik siswa, 3 aspek kunci untuk menghasilkan siswa berkarakter, dan kiat instan dalam menguasai serta menanggulangi siswa yang “bermasalah” dengan perilakunya.

  • Lingkungan Keluarga

Biasakan anak bersosialisasi serta membangun koneksi dengan lingkungan yang baik. Lingkungan sangat menentukan pembentukan kepribadian anak. Seperti pepatah berteman dengan penjual minyak wangi akan ikut wangi, berteman dengan penjual ikan akan ikut amis.

Lingkungan baik dan sehat akan mendukung kepribadian yang sehat dan baik, begitu pula sebaliknya. Selanjutnya, yang tidak dapat diabaikan adalah membangun kedekatan dengan Tuhan Yang Maha Esa.

BAB III PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Dari ulasan di atas penulis bisa merumuskan beberapa hal berikut:

  • Bangsa Indonesia sudah berupaya untuk meningkatkan kesesuaian serta kualitas pendidikan karakter lewat sekolah-sekolah.
  • Guru merupakan orang tua para siswa.
  • Pendidikan karakter bertujuan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan dan hasil pembelajaran di sekolah menuju pembentukan kepribadian serta akhlak mulia peserta didik secara utuh, terpadu, dan berimbang.

2. Makalah tentang Usaha

Contoh makalah singkat selanjutnya adalah tentang bisnis. Sebelum membahasnya, saya singgung sedikit tentang cover makalah. Contoh cover makalah yang benar adalah menggunakan format berikut ini:

Judul Makalah

Logo Univeritas

Disusun oleh:
Nama mahasiswa
NIM

Nama Universitas
Kota/kabupaten Universitas
Tahun Pembuatan Makalah

Cover makalah universitas
Cover makalah universitas

Oke, mari kita lanjut ke contoh makalah kerajinan tangan singkat berikut ini.

KATA PENGANTAR

Kami panjatkan puji syukur atas limpahan berkah dan hidayah-Nya, sehingga penyelesaian makalah berjudul Serat Alam sebagai Bahan Baku Bisnis Kerajinan Tangan bisa berjalan lancar. Semoga makalah ini bisa menjadi inspirasi bagi para pembaca guna mendirikan bisnis kerajinan tangan di Indonesia yang berpotensi untuk diekspor.

Makalah ini kami susun secara lengkap dan detail sehingga orang awam dapat memahami informasi yang dibagikan. Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang berkontribusi dalam proses penyelesaian makalah ini. Kami menyadari bahwa masih terdapat banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini sehingga kami menerima kritik dan saran bagi seluruh pembaca.

Akhir kata, semoga makalah ini bisa bermanfaat dan memberi inspirasi bagi pembaca. Semoga makalah ini bisa menjadi sumber informasi dan referensi untuk ide bisnis serat alam khas Indonesia lainnya.

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Sebagai negara dengan wilayah yang luas, sumber daya alam Indonesia cukup berlimpah. Salah satu sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan untuk bisnis adalah serat alam yang sebagian besar hanya bisa ditemukan di Indonesia. Cakupan bisnis serat alam tak hanya untuk pasar dalam negeri melainkan juga pasar luar negeri.

Serat alam yang bisa digunakan sebagai bahan kerajinan tangan antara lain eceng gondok, daun pandan, sabut kelapa, pelepah pisang, dan rotan. Setiap serat alam tersebut memiliki karakteristik masing-masing. Hasil kerajinan berbahan dasar serat ini menarik minat wisatawan mancanegara karena keunikannya.

1.2 Rumusan Masalah

Tidak semua serat alam akan dibahas dalam makalah ini sehingga berikut adalah batasan masalah yang menjadi fokus utama.

  • Apa saja serat alam yang bisa dijadikan kerajinan tangan?
  • Bagaimana proses pembuatan kerajinan tangan tersebut?
  • Apa saja jenis produk yang bisa dibuat dari serat alam?

1.3 Tujuan Penulisan

Pembuatan makalah ini ditujukan untuk hal-hal berikut ini:

  • Mengenal macam-macam serat alam yang bisa dijadikan kerajinan tangan.
  • Mengetahui proses pembuatan kerajinan tangan berbahan dasar serat alam.
  • Mengetahui jenis-jenis produk yang dibuat dari serat alam.

1.4 Manfaat Penulisan

  • Berbagi wawasan tentang macam-macam jenis serat alam untuk kerajinan tangan.
  • Berbagi informasi mengenai proses pembuatan kerajinan tangan berbahan dasar serat alam.
  • Membagi informasi mengenai produk yang bisa dibuat dari serat alam.

BAB II PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Serat Alam dan Jenisnya

Banyak serat alam yang bisa dijadikan kerajinan tangan, beberapa di antaranya bisa ditemukan di Indonesia. Berikut adalah beberapa tumbuhan yang memiliki serat alam untuk dijadikan kerajinan tangan.

  • Enceng Gondok

Eceng gondok merupakan tumbuhan air yang sangat cepat berkembang biak sehingga menjadi gulma air. Tumbuhan dengan nilai ekonomi rendah satu ini dapat mengganggu ekosistem bawah air yang merupakan habitat ikan.

Tumbuhan ini memiliki karakteristik serat yang kuat sehingga cocok digunakan sebagai bahan kerajinan tangan. Serat tersebut perlu dikeringkan terlebih dahulu sebelum dipakai sebagai bahan baku kerajinan tangan.

  • Daun Pandan

Serat alam yang menjadi bahan primadona kerajinan tangan adalah daun pandan. Daun satu ini memiliki serat yang kuat meski tak setebal eceng gondok. Pandan termasuk dalam tumbuhan yang mudah ditemukan sehingga pemanfaatannya dalam industri pembuatan kerajinan tangan bisa dimaksimalkan.

  • Rotan

Salah satu serat yang juga cukup terkenal sebagai bahan baku kerajinan perkakas rumah adalah rotan. Serat satu ini terkenal kokoh namun tetap fleksibel sehingga mudah bagi pengrajin untuk membentuknya menjadi berbagai jenis produk.

  • Sabut Kelapa

Pohon kelapa sudah lama dikenal sebagai pohon yang tiap bagiannya dapat dimanfaatkan untuk kehidupan manusia. Satu bagian tersebut adalah sabut kelapa yang bisa dijadikan berbagai produk kerajinan tangan bernilai tinggi.

  • Pelepah Pisang

Dulunya, pelepah pisang dianggap sebagai sesuatu yang tidak terpakai. Sekarang, ada banyak pengrajin yang memanfaatkan pelepah pisang sebagai bahan untuk dilukis. Nilai ekonomisnya pun meningkat dengan adanya lukisan tersebut.

  • Kulit Jagung

Serat alam terakhir yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku kerajinan adalah kulit jagung. Kulit jagung biasa digunakan untuk membuat berbagai hiasan dinding berbentuk rangkaian bunga. Nilai jual kerajinan tangan berbahan dasar kulit jagung cukup tinggi.

2.2 Proses Pembuatan Kerajinan Tangan Serat Alam

Prinsip utama penggunaan serat alam sebagai bahan baku kerajinan tangan adalah pengeringan. Proses pengeringan memberi serat alam ketahanan lebih lama dibandingkan serat alam basah. Setelah dikeringkan, serat alam di-bleaching sehingga warnanya lebih menyala dan tidak terlalu coklat.

2.3 Berbagai Produk Terbuat dari Serat Alam

Ada banyak hasil kerajinan tangan yang dibuat dari serat alam. Serat alam rotan dapat digunakan untuk membuat berbagai perkakas rumah tangga. Selain itu, serat alam bisa diolah menjadi tas, laundry basket, hingga keranjang.

BAB III PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Indonesia dianugerahi kekayaan serat alam yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi. Bahkan, saat ini banyak pengusaha telah mengolah serat alam menjadi berbagi kerajinan dan berhasil menjualnya ke luar negeri.

3.2 Saran

Pembuatan isi makalah serat alam untuk bisnis kerajinan tangan ini masih jauh dari kata sempurna. Penyusun berharap adanya kritik dan saran dari para pembaca sekalian.

3. Contoh Makalah Penelitian

Ini adalah contoh makalah yang baik dan benar. Makalah ini mengangkat tema pemanfaatan teknologi dalam bidang pertanian. Contoh makalah singkat berikut ini bisa kamu kembangkan lebih baik lagi agar semakin utuh.

BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang

Indonesia adalah negara yang dianugerahi potensi pertanian yang luar biasa. Tomat adalah salah satu hasil pertanian yang dibudidayakan di Indonesia. Data BPS tahun 2012 menunjukkan bahwa tomat merupakan komoditas hortikultura dengan laju produktivitas tertinggi kedua.

Tingginya laju produksi tomat didukung oleh kebutuhan masyarakat akan tomat yang tinggi. Di lain sisi, tuntutan akan kualitas tomat yang bagus semakin bertambah dari masyarakat Indonesia maupun mancanegara.

Sayangnya, proses pemilahan kualitas tomat masih menggunakan cara manual. Cara ini tentu memiliki kelemahan, mulai dari waktunya yang lama, kondisi psikologis pemilah yang berbeda, hingga keterbatasan visual pemilah.

Hal tersebut berdampak pada kualitas tomat yang dijual ke pasar tidak konsisten. Apalagi jika cara ini digunakan oleh sebuah perkebunan besar ketika kebutuhan masyarakat akan tomat sangat besar setiap harinya.

Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan bisa menjadi solusi. Gambar atau citra tomat bisa digunakan sebagai dasar untuk menciptakan suatu sistem pengklasifikasian tomat. Dengan demikian, implementasi cara manual sebelumnya bisa ditambah bahkan digantikan dengan teknologi.

Metode yang cocok untuk masalah ini adalah Convolutional Neural Networks (CNN). CNN dipilih karena kualitas analisisnya begitu tinggi. Pada penelitian ini menggunakan package Keras pada software Rstudio.

Rumusan Masalah

  • Bagaimana implementasi metode CNN untuk mengklasifikasi kualitas buah tomat?
  • Bagaimana hasil pengklasifikasian tomat yang didapatkan?

Tujuan Penelitian

  • Mengetahui cara implementasi metode CNN dalam mengklasifikasi kualitas buah tomat.
  • Mengetahui hasil klasifikasi buah tomat yang dilakukan.

Manfaat Penelitian

  • Diperoleh suatu metode untuk mengklasifikasi buat tomat dengan bantuan teknologi.
  • Diperoleh pengembangan algoritma analisis pengolahan citra baru.

BAB II PEMBAHASAN

Populasi dan Sampel

Populasi dalam penelitian 303 citra tomat.

Variabel

Variabel yang digunakan adalah citra tomat dengan beragam kualitas dari bagus hingga tidak.

Jenis dan Sumber Data

Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer.

Metode Analisis Data

Metode analisis data yang digunakan adalah histogram gambar dan metode CNN.

Hasil dan Pembahasan

Ada beberapa proses yang dilakukan untuk menyelesaikan penelitian ini, antara lain

  1. Mengumpulkan data citra
  2. Melakukan persiapan sebelum citra digunakan untuk dianalisis
  3. Melakukan pelatihan model dengan menggunakan metode CNN
  4. Pengujian model dengan mengubah parameter-parameter yang digunakan guna memperoleh hasil terbaik

BAB III PENUTUP

Kesimpulan

Setelah dilakukan penelitian, adapun beberapa kesimpulan yang didapatkan antara lain:

  • Implementasi metode CNN sangat tepat untuk melakukan klasifikasi citra tomat.
  • Hasil klasifikasi menunjukkan bahwa 90% tomat berhasil diklasifikasi dengan benar.

Saran

Berdasarkan kesimpulan di atas, dapat diberikan beberapa saran sebagai berikut:

  • Data citra tomat yang digunakan lebih banyak lagi agar sistem semakin akurat.
  • Spesifikasi teknologi yang digunakan lebih tinggi. Misalnya penggunaan komputer dengan RAM yang tinggi dan GPU.

Itulah daftar contoh makalah yang benar PDF untuk dijadikan referensi mengerjakan tugas. Sudah ada contoh kata pengantar makalah singkat dan lain sebagainya untuk dipelajari.

Ikuti kami di Google News untuk dapatkan artikel terbaru!

Bagikan ke media sosial:

Jual
Tutup