7 Tips Menabung yang Tidak Menyusahkanmu


Menabung adalah hal yang mustahil dilakukan. Tapi tidak bagi orang-orang yang sudah tau tips menabung yang tidak menyusahkan.

Benar, banyak orang yang menabung justru terlihat susah dan tidak menikmati hidup. Padahal ada cara untuk menabung tanpa perlu terlalu kikir.

Tips menabung yang tidak menyusahkan

Berikut adalah 7 tips untuk memulai menabung yang tidak menyusahkan, seperti disarikan dari berbagai sumber.

1. Tidak Berlangganan

Coba periksa tagihan kartu kredit. Cari apakah kamu berlangganan majalah, musik, atau hal lain yang tidak berguna dan sekedar untuk mengikuti trend sesaat.

Banyak orang yang lupa, mereka berlangganan produk apa saja karena pembayarannya setahun sekali.

Jika berlangganan produk yang sudah tidak diperlukan lagi, segeralah berhenti dan masukan pengeluaran ke rekening tabungan.

Pertimbangkan juga pengeluaran data untuk ponsel. Terkadang, lebih baik tidak menggunakan unlimited jika sebenarnya hanya butuh 1-2 GB saja.

2. Menggunakan Kupon atau Diskon

Menghemat uang juga dapat dilakukan dengan membayar apapun menggunakan kupon maupun diskon yang didapat dari berbagai sumber.

Mungkin pengurangannya hanya sedikit, tapi hal kecil ini dapat tetap membantu kita mengurangi pengeluaran dan sisanya bisa ditabung untuk dana darurat.

Jadi, jangan lupa gunakan kuponmu untuk membayar barang-barang penting ya!

3. Beli Obat Generik

Untuk kebutuhan yang berkaitan dengan kesehatan, hal ini penting untuk diketahui.

Belilah obat generik jika efeknya sama dengan obat bermerek, karena terkadang ketika kita membeli sesuatu yang dibeli adalah mereknya, bukan produknya.

Jadilah realistis, lebih baik membeli obat generik jika manfaatnya sama dan bisa membuat tabungan bertambah.

4. Membeli secara Grosir

Salah satu cara berhemat yang kerap dilupakan adalah tidak membeli barang secara grosir.

Membeli barang, seperti kopi kemasan, sabun, baterai dalam jumlah besar akan menghemat pengeluaran daripada membeli satuan dan membeli lagi jika sudah habis.

Sebelum membeli secara grosir, pastikan terlebih dahulu tanggal kadaluwarsa produk tersebut agar tidak kadaluwarsa selama belum digunakan.

5. Fokus pada Efisiensi Energi

Tindakan sederhana seperti mematikan TV jika tidak ditonton atau mengubah lampu dari lampu pijar ke lampu LED dapat mengurangi tagihan listrik plus membantu menjaga kelestarian lingkungan.

Pakailah peralatan rumah tangga yang tidak memerlukan banyak energi, hematlah juga penggunaan air dan listrik.

Penggunaan listrik yang sia-sia dapat dihilangkan dengan menghubungkan beberapa perangkat ke soket ekstensi. Kita dapat mengontrol semua pengeluaran listrik dari soket itu.

6. Membeli Filter Air

Botol air kemasan tentu buruk bagi lingkungan dan harganya cukup mahal jika dihitung-hitung.

Pertimbangkan untuk membeli filter air. Kamu bisa menggunakannya untuk mendapatkan air bersih yang bisa untuk dikonsumsi juga.

Dalam satu bulan, dibandingkan dengan membeli banyak air kemasan, membeli filter jauh lebih hemat.

7. Mangumpulkan Uang Koin

Tidak ada yang peduli dengan uang receh. Tapi uang tetap uang dan jika jumlahnya banyak kamu tetap menganggapnya banyak. Kumpulkan uang receh dalam wadah dan gunakan saat sedang benar-benar butuh uang.

Jika ingin menyisihkan uang lebih banyak, mungkin kamu mengubah gaya hidup. Tapi, jelas itu tidak saya bahas di sini. Menabung uang adalah tentang kesabaran menjaga pengeluaran rutin setiap harinya.

Catatan: Jika melakukan investasi di sebuah perusahaan, pastikan perusahaan itu diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Terima kasih.